Angkasa Pura 2

Gerbang Tol Cibubur Utama dan Cimanggis Utama Dibongkar Juni 2017

KoridorMinggu, 20 November 2016
GT Utama Cibubur

JAKARTA (Beritatrans.com) – Mulai Juni 2017 PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan memberlakukan sistem transaksi terbuka di Jalan Tol Jagorawi dari Jakarta menuju Bogor atau sebaliknya. Langkah ini dimaksudkan sebagai bentuk peningkatan layanan di bidang transaksi untuk mencegah bahkan menghilangkan kemacetan lalu lintas terutama pada jam-jam sibuk pagi dan sore hari.

“Dengan pemberlakuan sistem transaksi terbuka, maka pengguna jalan tol cukup melakukan satu kali transaksi yaitu di GT Entrance. Ke depan, gerbang tol atau T Barrier (GT Cibubur Utama / GT Cimanggis Utama) akan ditiadakan atau dibongkar,” kata Dwimawan Heru S AVP Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk di Jakarta, kemarin.

Menurut dia, saat ini sistem transaksi yang berlaku di Jalan Tol Jagorawi adalah sistem transaksi tertutup dimana pengguna jalan dari arah Bogor menuju Jakarta atau sebaliknya harus melakukan transaksi sebanyak dua kali, yaitu di Gerbang Tol (GT) Entrance / Exit serta di GT Barrier (GT Cibubur Utama / GT Cimanggis Utama).

GT Cibubur Utama dan GT Cimanggis Utama, kata Dwi, merupakan gerbang tol utama yang digunakan para pengguna jalan dan commuter di wilayah Jakarta untuk menuju ke arah selatan Jakarta atau sebaliknya.

Peran strategisnya menjembatani lalu lintas dari dua kota besar yaitu Jakarta dan Bogor, pada saat jam sibuk terjadi antrean panjang di kedua arah. “Kepadatan di GT Cibubur Utama dan Cimanggis Utama cukup panjang dan dapat mencapai lebih dari 5 KM dan kondisi itu yang akan dihilangkan melalui langkah terbaru nanti,” terang Dwi.

“Perbaikan sistem operasi jalan tol Jasa Marga diharapkan dapat mengatasi kepadatan dan meningkatkan pelayanan kepada pemakai jalan tol,” tegas Dwi.(helmi)