Angkasa Pura 2

Kemhub Kerahkan 2 Kapal Cari Korban Tabrakan MV Tay Son 4 dengan Kapal Nelayan

DermagaMinggu, 20 November 2016
images (9)

JAKARTA (beritatrans.com) – Kementerian Perhubungan (Kemhub) mengerahkan sejumlah kapal Direktorat Jenderal Perhubungan Laut untuk melakukan pencarian terhadap 15 ABK KMN. Mulya Sejati yang bertabrakan dengan MV Tay Son 4 di perairan Tuban, Jawa Timur, Sabtu (19/11/2016) lalu.

“KNP. Grantin P.211 milik Pangkalan PLP Kelas II Tanjung Perak Surabaya dan KNP. 50018/V-13 milik KUPP Brondong telah dikerahkan dan telah bergabung dengan Tim SAR untuk mencari korban yang belum ditemukan,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Ir. A. Tonny Budiono, MM., melalui keterangan tertulisnya, Minggu (20/11/2016).

Dirjen Tonny menyebutkan bahwa pentingnya memperhatikan rambu-rambu navigasi dan aturan keselamatan pelayaran agar kejadian serupa tidak terulang lagi.

“Saya menyayangkan kejadian kecelakaan ini harus terjadi lagi. Atas nama institusi, saya menyampaikan turut berduka dengan adanya korban jiwa akibat kecelakaan ini. Kedepan, Nakhoda kapal harus dapat memperhatikan aturan keselamatan pelayaran dan rambu-rambu navigasi pelayaran agar tidak terjadi lagi kecelakaan serupa,” kata Tonny.

Adapun untuk faktor penyebab kecelakaan tubrukan kedua kapal tersebut, Dirjen Tonny menyerahkan seluruh proses pemeriksaannya kepada Komite Nasional Kecelakaan Transportasi (KNKT) dan menunggu hasil rekomendasi KNKT untuk perbaikan keselamatan pelayaran kedepannya. (aliy)