Angkasa Pura 2

Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan Siap Jalankan Fungsi Sebagai BLU

Bandara KokpitSelasa, 22 November 2016
beech_01

TANGERANG (BeritaTrans.com)  - Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan (BBKFP) yang‎ dikukuhkan menjadi Badan Layanan Umum (BLU) oleh Kementerian Keuangan dengan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 13/KMK.05/2016 26 Januari 2016 dan dikuatkan Peraturan Menteri Perhubungan no. PM 122/ 10 Oktober 2016 tentang Organisasi Dan Tata Kerja Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan (BBKFP), siap menjalankan fungsi sebagai BLU Jasa di Kementerian Perhubungan (Kemhub).

‎‎Kepala BBKFP Yusfandri Gona‎ mengungkapkan bahwa BBKFP siap mengubah pandangan dari sebelumnya menjalankan tugas pokok dan fungsi serta kewenangan birokratis, menjadi entepreneurship.  

“Layanan BBKFP akan menjadi lebih baik, efisien, profesional dan akuntabel. Dengan menjadi BLU, kami bisa mengelola anggaran sendiri serta meningkatkan pemanfaatan aset negara secara lebih ter-utilisasi,” jelas Yusfandri di Tangerang, Selasa (22/11/2016).

Aset yang dimaksud menurut Yusfandri, tidak hanya yang bersifat peralatan, tetapi juga sumber daya manusia (SDM).

Untuk tahap awal di triwulan I tahun 2017 diungkapkan Yusfandri, pihaknya akan menyempurnakan organisasi dan manajemen di lingkup BBKFP. Misalnya dengan menambah bagian Dewan Pengawas (Komisaris), Satuan Pemeriksa Internal (Internal Auditor), Divisi Pengembangan Usaha, dan Divisi khusus untuk Jaminan Mutu (Quality Assurance). ‎

“Saat ini BBKFP juga sudah membentuk tim untuk memperbaiki dan menambah manual kerja, SOP, instruksi kerja dan beberapa hal lainnya,” kata dia.

‎Lebih lanjut Yusfandri mengemukakan, untuk mengefisienkan pelayanan khususnya di daerah Indonesia Timur, BBKFP juga berencana membuka kantor cabang di Makassar dan Papua. ‎(omy)