Angkasa Pura 2

Capt. Timbul Arifin Beri Kuliah Umum Dan Talk Show Di PIP Semarang

Energi SDMSelasa, 22 November 2016
Timbul PIP Ramaiiiii

SEMARANG (Beritatrans.com) – Asisten Manager Crew Manning PT Pertamina Perkapalan Capt. Timbul Arifin, M.Mar memberikan kuliah umum dan talk show kepada taruna smester III di kampus Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, kemarin. Kuliah umum dilaksanakan di Aula PIP Semarang dan diikuti ratusan taruna madya di kampus PIP Semarang tersebut.

Materi yang disampaikan mengenai Shipping Management dan Etika Melamar untuk Program Prola atau Kerja. Materi itu sengaja diberikan lebih awal guna memberikan bekal bagi taruna sebelum mengikuti proses diklat bahkan menjelang naik kapal dalam proyek praktik laut (prala) mendatang.

“Acara ini dikemas dengan format Talk Show dan diselingi menyanyi bersama. Dengan format baru ini, kuliah umum bisa dilakukan dengan santai, ceria dan lebih mengena bagi para taruna,” kata Capt. Timbul yang dihubungi Beritatrans.com, Selasa (22/11/2016).

Selama ini, lanjut dia, banyak taruna yang mengajukan melamar untuk naik prola atau kerja tapi belum mempunyai etika dan berilaku yang baik. Akibatnya sering fatal, bahkan bukan tak mungkin langsung ditolak oleh bagian HRD di perusahaan yang bersangkutan.

Taruna PIP Talk Show

Untuk menghindari hal tersebut, menurut Timbul, maka para taruna harus dibekali sejak dini. Paling tidak, mereka mempunyai pengetahuan yang cukup mengenai shipping management serta etika dan tata cara melamar ikut prola atau kerja sebagai karyawan.

Sebelumnya, Timbul mengatakan, Pertamina Perkapalan menerima sekitar 120 kadet untuk praktik laut (prala). Tapi, kemampuan perusahaan untuk menerima karyawan baru khususnya perwira hanya sekitar 60 orang yaitu 30 nautika dan 30 teknika.

“Jadi, kadet harus bersaing ketat dan berperilaku baik selama menjalani prola, jika kelak ingin ikut rekrutmen di Pertamina,” papar Timbul.

“Pertamina memastikan hanya akan merekrut kadet terbaik untuk ikut prola. Selanjutnya akan disaring lagi jika ikut rekrutmen menjadi calon pegawai atau karyawan Pertamina,” tandas Timbul.

Timbul  PIP Smg

Alumni PIP Semarang ini menambahkan, management Pertamina tidak menerapkan sistem beasiswa. Tapi, kadet-kadet yang praktik di kapal-kapal Pertamina nanti akan dipilih dan diseleksi lagi.

“Bagi yang lolos akan direkrut menjadi karyawan. Tentunya sesuai kebijakan dan formasi yang ada di perusahaan,” tegas Timbul.(helmi)