Angkasa Pura 2

Tingkatkan Konektivitas, Kemhub – TNI AU Optimalkan Pangkalan Udara‎

Bandara KokpitSelasa, 22 November 2016
foto 4

JAKARTA – Untuk menunjang konektivitas antardaerah dan mendukung pariwisata di beberapa daerah, Kementerian Perhubungan (Kemhub) akan bekerjasama dengan Tentara Nasional Indonesia Angkutan Udara (TNI AU)  untuk mengoptimalkan beberapa Pangkalan Udara (Lanud) milik TNI AU. 

Beberapa Lanud yang akan dioptimalkan penggunaannya sebagai bandara komersial adalah Bandara Gading di Gunung Kidul Yogyakarta, Bandara Wirasaba Purbalingga, dan Bandara Wiriadinata Tasikmalaya.

“Ketiga Lanud TNI AU tersebut berada di wilayah yang memiliki potensi pariwisata yang sangat menarik. Salah satu moda transportasi yang dapat dikembangkan adalah penerbangan, karena telah ada fasilitas Lanud milik TNI AU yang memadai,” jelas Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta, Selasa (22/11/2016). 

Langkah yang dilakukan Kemhub dalam pengalihan Lanud TNI AU, agar dapat beroperasi sebagai bandara komersial yaitu membuat MOU antara Kemhub, TNI AU, dan Pemerintah Daerah. 

“Selain itu juga membentuk organisasi (Unit Penyelenggara Bandara/UPBU), memenuhi segala persyaratan keselamatan, keamanan, dan pelayanan seperti penerbitan Sertifikat Bandara (SBU), Airport Security Programme (ASP), Airport Emergency Plan (AEP), dan lain sebagainya,” urai Menhub.‎

Untuk pengembangan Lanud Wirasaba dan Gading, Kemhub dan Pemda terkait akan segera melakukan koordinasi dengan TNI AU untuk melakukan pendayagunaan lapangan udara yang dimulai dengan MOU.  Sedangkan terkait penggunaan bandara Wiriadinata, sudah berkoordinasi dengan TNI AU.‎ (omy)