Angkasa Pura 2

3 Bandara PT Angkasa Pura II Digeber Menjadi Digital Aeroplex

BandaraJumat, 25 November 2016
IMG_20161003_211627

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Tiga bandara kelolaan PT Angkasa Pura II digeber menjadi digital aeroplex. Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta menjadi pilot project program tersebut.

Direktur Pelayanan dan Fasilitas Bandara, Angkasa Pura II, Ituk Herarindri, mengemukakan program tersebut pada intinya beriorientasi kepada customer satisfaction. Pengguna bandara mendapatkan kemudahan dalam mengakses pelayanan yang lebih berkualitas, efisien dan efektif.

“Pelayanan digelar dengan berbasis IT atau internet. Paperless dan minim kontak fisik, kecuali pada lini-lini layanan yang memang membutuhkan komunikasi atau kontak fisik,” ungkapnya kepada BeritaTrans.com dan tabloid mingguan BeritaTrans, Jumat (25/11/2016).

Tiga bandara, dia menuturkan diharapkan dapat segera memerapkan digital aeroplex adalah Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Bandara Kualanamu, Deli Serdang, dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang.

Sebagai pilot project digital aeroplex, Ituk menjelaskan dipilih Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. “Seiringan dengan finalisasi di Terminal 3 rampung, secara bertahap digelar di Terminal 1 dan 2. Dengan demikian, rampung sudah Bandara Soekarno-Hatta. Selanjutnya kita beralih mengerjakan dua bandara lainnya,” ungkapnya.

Dia mengemukakan sesuai arahan dari Kementerian BUMN dan Kementerian Perhubungan, maka dewan direksi dan dewan komisaris PT Angkasa Pura II terus bekerja keras agar seluruh bandara dapat menerapkan digital aeroplex.

WIFI
Sebelumnya Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengemukakan dibangun tujuh belas wifi corner untuk mengoptimalkan pelayanan internet di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Setelah sebelumnya di Terminal 3 difasilitasi oleh internet dengan kecepatan 50 Mbps, kini di Terminal 1 dan 2 akan ditambah Sembilan titik wifi.id dengan koneksi internet cepat hingga 100 Mbps.

Tak hanya sampai disitu, area kargo dan perkantoran pun dapat menikmati enam titik fasilitas internet wifi.id, bahkan area community center, tepatnya di gedung serba guna yang disediakan PT Angkasa Pura II bagi masyarakat sekitar, juga dapat menggunakan layanan internet tersebut.

Dengan fasilitas internet tersebut, pengguna jasa bandara hingga masyarakat sekitar dapat merasakan pelayanan terbaik seperti browsing super cepat, menerima dan mengirim email dengan melampirkan file berukuran besar seperti foto dan video, bermain game online dengan lancar, hingga streaming saluran TV High Definition serta mengakses hiburan Film.

“Angkasa Pura II bersinergi dengan Telkom dalam menghadirkan koneksi WiFi berkecepatan tinggi ini. Banyak pengguna jasa yang membutuhkan koneksi internet untuk menghubungi sanak saudara ketika sampai di bandara, dengan gadget yang terkoneksi WiFi berkecepatan 100 Mbps dapat menambah rasa nyaman ketika berkunjung ke bandara, termasuk untuk mengisi waktu tunggu,” ungkapnya, Rabu (23/11/2016).

Diungkapkannya, Angkasa Pura II bersinergi dengan Telkom dalam menghadirkan koneksi WiFi berkecepatan tinggi ini. “Banyak pengguna jasa yang membutuhkan koneksi internet untuk menghubungi sanak saudara ketika sampai di bandara, dengan gadget yang terkoneksi WiFi berkecepatan 100 Mbps dapat menambah rasa nyaman ketika berkunjung ke bandara, termasuk untuk mengisi waktu tunggu,” katanya.

Untuk dapat mengakses layanan WiFi berkecepatan tinggi ini, setelah mendapat access point @wifi.id pengguna jasa bandara di Terminal 1, 2 maupun 3 dapat melakukan registrasi menggunakan telepon genggam atau gadget masing-masing melalui sms ke 98108 dengan cara ketik net (spasi) 5000 atau membeli voucher dengan harga Rp. 5000,- setelah itu, maka pengguna jasa bandar dapat menikmati layanan internet cepat selama 6 Jam tanpa batasan kuota (unlimited).

Tidak hanya di area terminal saja yang diperhatikan, kedepannya kawasan Bandara Soekarno-Hatta akan meningkatkan kualitas internetnya dan dibuat terintegrasi secara menyeluruh dan juga digitalisasi di setiap bisnis proses utamanya.

“Kita akan sebut kawasan Bandara Soekarno-Hatta nantinya menjadi Soekarno-Hatta Digital Aeroplex”, ujar Awaluddin.

Lebih lanjut Awaluddin mengungkapkan dalam waktu dekat Angkasa Pura II juga akan melaunching Smartapps yang diberi nama Indonesia Airports.
Di dalam aplikasi tersebut, ada banyak fitur yang dapat memudahkan para pengguna jasa bandara, yaitu dapat digunakan utk mengambil antrian taksi, memberikan notifikasi status penerbangan yang akan digunakan, tracking posisi pesawat yang sedang ditunggu, tracking shuttle bus, cek keberadaan mobil penjemput, dan fitur lain yang masih dalam tahap pengembangan.

“Dapat dipastikan smart apps tersebut akan menjadi sebuah tren baru bagi para pengguna jasa dalam menggunakan/menikmati pelayanan bandara,” katanya.

Pada kesempatan sama, Executive Vice President Telkom Regional 2 Jakarta Teuku Muda Nanta mengaku siap mendukung aksi Angkasa Pura II untuk menjadikan Soekarno-Hatta Digital Aeroplex. “Sinergi Telkom dan Angkasa Pura II siap bikin keren Indonesia. Ini Bakti Telkom Bagi Negeri,” kata Nanta. (ray).