Angkasa Pura 2

Airbus Grup Eropa Segera Pangkas 1.000 Posisi Pekerjaan

KokpitJumat, 25 November 2016
airbus 330 vip 3

PARIS (Beritatrans.com) – Eropa Airbus Group SA telah mengidentifikasi sekira 780 posisi pekerjaan di bidang hubungan masyarakat, hukum, teknologi informasi, dan jabatan sejenis lainnya yang dianggap surplus perekrutan.

Raksasa penerbangan Eropa itu dikabarkan berencana memangkas setidaknya 1.000 posisi pekerjaan. Hal ini sejalan dengan upaya Airbus menurunkan duplikasi antara unit bisnis utamanya, yakni pembuatan pesawat terbang dan unit-unit bisnis lainnya di dalam grup.

Seperti dikutip laman Blommberg, Kamis (24/11/2016) menyebutkan, Airbus kabarnya akan melakukan spesifikasi pemangkasan posisi pekerjaan di departemen personalia dan keuangan. Per Juli 2016, Airbus memiliki setidaknya 137.000 orang pegawai.

CEO Airbus Tom Enders memangkas jumlah tenaga kerja sejalan dengan upayanya membentuk operasional yang lebih ramping. Sekitar 582 posisi pekerjaan di unit produksi helikopter sudah hilang, lantaran harga minyak mentah yang turun mengganggu permintaan dari industri minyak.

Tidak hanya itu, pengurangan produksi pesawat superjumbo A380 juga tidak menutup kemungkinan adanya pemangkasan posisi pekerjaan lebih lanjut. Adapun posisi pekerjaan “kantoran” yang akan mengalami pengurangan adalah di Perancis dan Jerman.

Serikat pekerja Airbus menyatakan angka-angka final pemangkasan pekerjaan akan dipresentasikan pada awal pekan depan. Data dari serikat pekerja yang dikutip harian Les Echos menyatakan, 780 posisi pekerjaan sudah diidentifikasi untuk dipangkas.(zal/kompas)