Angkasa Pura 2

KL Barombong Resmi Diluncurkan Dari Galangan Citra Batam

Dermaga SDMSabtu, 26 November 2016
KL Barombong Batam2

BATAM (Beritatrans.com) – Kapal Latih (KL) Barombong sudah resmi diluncurkan dari galangan kapal Cira Ship Yard, CSS Group, Batam, Sabtu (26/11/2016). Kapal latih ini diluncurkan (launching) dari galangan setelah dilakukan proses konversi atau perpanjangan dan perbaikan seperlunya sejak lima bulan silam.

Selama docking ini KL Barombong dilakukan perbaikan mesin, dan renovasi kabin kapal dan tata letak serta ruangan dalam kapal, untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas kapal latih taruna tersebut.

Peluncuran kapal latih milik BP2IP Barombong, Makassar, Sulawesi Selatan ditu dihadiri oleh Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan D. Wahju Satrio Utomo, SH, M.Si didampingi Kepala BP2IP Barombong H.Irwan, ST, M.Pd, M.Mar.E dan staf seperti Kasie Gardik Capt. Mustamin Latif dan Capt. Faisal Saransi, M.Mar.

Selain itu hadir pula perwakilan Ditkappel Ditjen Perhubungan Laut dan jajaran manajemen Citra Ship Yard, Batam dan tamu undangan khususnya dari pejabat daerah dan pelaku usuha di Kota Batam.

Dalam laporannya, Kepala BP2IP Barombong H. Irwan, ST, M.Mar.E mengatakan, KL Barombong sudah siap dan bisa diluncurkan hari ini. Proses konversi atau perpanjangan kapal sudah dilakukan serta perbaikan dan penyempurnaan seperlunya sesuai ketentuan dan syarat sebagai kapal latih yang ditetapkan IMO.

“Sejalan dengan selesaikan proses docking KL Barombong diharapkan kepada nakhoda dan krew kapal bisa menjaga dan merawatkan kapal secara baik dan benar sehingga bisa berfungsi optimal untuk kapal latih taruna di BP2IP Barombong,” pinta Irwan.

KL Barombong Batam1

Jaga Dan Rawat KL Barombong

Kepala BPSDM Perhubungan Dr. Wahju Satrio Utomo menyambut gembira dan berharap proses launching sampai kembali ke kampus BP2IP Barombong berjalan lancar dan selamat.

“Selamat dan sukses atas kerja sama dan sinergi yang baik antara BP2IP Barombong dengan piak Citra Ship Yard sehingga selesainya proses docking dan konversi kapal latih ini,” kata dia.

“Setelah selesainya proses konversi atau perpanjangan KL Barombong, yang perlu dilakukan adalah bagaimana merawat kapal ini dengan baik dan benar. Selanjutnya KL Barombong bisa berfungsi optimal untuk mendukung proses diklat pelaut terutama di BP2IP Barombong,” kata Tommy, sapaan akrab dia saat memberikan sambutan.

Keberadaan KL Barombong di kampus BP2IP Barombong menjadi bagian vital dan proses diklat taruna pelaut. “Dengan kapal ini diharapkan mampu mendukung proses diklat taruna sehingga bisa menghasilkan lulusan yang terbaik,” pinta Tommy.

“KL Barombong harus mampu mendukung proses diklat taruna BP2Ip Barombong serta sekolah pelaut di kawasan ini. Selanjutnya mereka bisa berpartisipasi dan mengambil peran dalam mendukung program pemerintah dalam membangun tol laut serta menjadikan Indoensia sebagai poros maritim dunia,” tegas Tommy.(helmi)

KL Barombong Batam3