Angkasa Pura 2

Metro Kapsul Bandung Mulai Dibangun 2017

EmplasemenSabtu, 26 November 2016
IMG-20161126-WA0060

BANDUNG (beritatrans.com) – Selain mensosialisasikan aturan tentang uji KIR berkala, pertemuan antara Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dengan Walikota Bandung Ridwan Kamil, Sabtu (26/11/2016), dibahas juga rencana pembangunan Light Rail Transit (LRT) di kota Bandung dengan nama Metro Kapsul.

Menhub mengatakan rencananya LRT Metro Kapsul ini akan mulai dibangun pada tahun 2017.

“Pembangunan metro kapsul yang merupakan karya anak bangsa ini akan kita mulai bangun tahun depan dengan suatu bentuk feeder sepanjang tiga kilometer,” kata Menhub Budi Karya.

Budi Karya mengatakan, pembangunan metro kapsul akan menggunakan kombinasi pembiayaan yang berasal dari APBN, APBD, serta swasta.

Menurutnya, beberapa keunggulan metro kapsul diantaranya hemat biaya, proses pembangunannya tidak mengganggu lalu lintas karena dibangun secara elevated, bebas polusi/bahan bakar, masa konstruksinya cepat, dan menggunakan komponen dalam negeri mencapai 95%.

Menhub menargetkan metro kapsul selesai dibangun pada tahun 2018. Nantinya akan menjadi suatu model bagi kota-kota lain di Indonesia.

Ridwan Kamil menambahkan selain metro kapsul, pihaknya mengusulkan kepada Kementerian Perhubungan untuk melakukan reaktivasi jalur kereta yang sudah tidak beroperasi dan mengoperasikan kereta commuter.

“Kombinasi ini diharapkan bisa mengurangi masalah kemacetan dan kenyamanan transportasi antar wilayah di Bandung Raya,” ucap Ridwan Kamil.

Metro kapsul akan melintasi pusat-pusat keramaian mulai dari Stasiun Bandung, alun-alun kota Bandung, dan beberapa titik di pusat kota yang saat ini dikunjungi enam juta wisatawan per tahun. (aliy)