Angkasa Pura 2

Lima Kleder ‘Kawal’ 500 Sapi dalam Pelayaran KM Camara Nusantara I

DermagaSenin, 28 November 2016
images

JAKARTA (BeritaTrans.com) – KM Camara Nusantara I yang dioperasikan PT Pelni sebagai kapal ternak, beberapa periode terakhir ini selalu membawa angkutan sapi hingga 500 ekor.

Selama perjalanan lima hari, sapi-sapi tersebut ‎tetap senang dan sehat tanpa kekurangan apapun. Mereka siap menjadi hidangan lezat penyuka menu olahan dari dagingnya.

Ya, tentu saja ini bukan tanpa alasan. Sapi-sapi yang diangkut dari Kupang menuju tujuan akhir Jakarta. Dan terkadang berhenti di Surabaya atau Cirebon untuk menurunkan diantaranya‎, tetap menikmati santapannya secara normal selama berada di atas kapal tersebut.

Dengan desain khusus untuk ternak, kapal Camara menyediakan lahan untuk pakan sapi. Dibantu Kleder (pemberi makan sapi), ternak pilihan itu tetap segar dan bugar.

Menurut Manajer Humas dan Hubungan Kelembagaan Pelni Akhmad Sujadi, Kleder merupakan petugas yang mengurus ternak dari pelabuhan awal hingga ke tujuan.

“Mereka bertugas memasukkan sapi ke kapal, memberikan pakan ternak, hingga menurunkan ternak dari kapal,” ujar Sujadi kepada BeritaTrans.com, Senin (28/11/2016).

Kleder lanjut Sujadi, diutus dari pemilik pakan ternak untuk ‘mengawal’ ternak-ternak selama di atas kapal lima hari berlayar.‎

Selain Kleder, Pelni menurut Sujadi, menugaskan sebanyak 22 Anak Buah Kapal (ABK) untuk perjalanan kapal ternak rute Kupang (pelabuhan Waingapu) – Jakarta (pelabuhan Tanjung Priok) yang sudah berjadwal ini.

‎”Hari ini sandar di pelabuhan pukul 03.00 dinihari, membawa 500 ekor sapi dari Nusa Tenggara Timur (NTT),” ungkap Sujadi.

Seperti pelayaran sebelumnya, ‎tidak ada muatan yang dibongkar di Surabaya maupun  Cirebon. Semua untuk Jakarta dan sekitarnya.

‎”Usai bongkar muatan  sapi, kapal akan segera kembali ke Kupang dan akan singgah di Cirebon untuk mengisi BBM, air tawar dan pakan ternak sebelum kembali ke NTT,” tutup Sujadi. (omy)

loading...