Angkasa Pura 2

Pelibatan BPSDM Kemhub Dalam Sertifikat Pelaut Untuk Genjot Kualitas Pelayanan Kepada SDM Pelayaran

Dermaga SDMSelasa, 29 November 2016
images (2)

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Pelibatan sekolah pelayaran di lingkungan BPSDM Perhubungan dalam penerbitan sertifikat pelaut dimaksudkan sebagai bagian usaha besar Kementerian Perhubungan dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelaut.

Kepala Badan SDM Perhubungan (BPSDMP) Kementerian Perhubungan, DR Wahju Satrio Utomo, mengemukakan pelibatan itu sejatinya bertujuan agar proses penerbitan dokumen sertifikat pelaut menjadi lebih mudah dan cepat.

Kepada BeritaTrans.com dan tabloid mingguan BeritaTrans, Selasa (28/11/2016), dia mengutarakan penerbitan sertifikat itu tetap dengan nama Ditjen Perhubungan Laut. Hanya penandatangannya saja oleh pihak sekolah dengan personel yang berkualifikasi sebagai pelaut dan bertitel sebagai captain.

b0161391_8531371

“Pengawasannya tetap oleh Ditjen Perhubungan Laut. Penetapan nomor seri sertifikat oleh Ditjen Perhubungan Laut. Kami hanya sebatas mwndidik dan menerbitkan sertifikat atas nama Ditjen Perhubungan Laut. Jadi tidak ada satu pun ketidaksesuaian dengan peraturan nasional maupun internasional, dalam hal ini IMO,” ungkapnya.

Selain itu, dia menegaskan pelibatan tersebut bersifat sementara. Bila Ditjen Perhubungan Laut menyatakan sudah lebih baik lagi dalam mengelola tentang sertifikat ini, maka pelibatan sekolah pelayaran di lingkungan BPSDMP dapat diakhiri.

Namun bila ternyata pelibatan itu dapat dilanjutkan maka sekolah di lingkungan BPSDMP bersedia melanjutkannya. “Sekali lagi saya tegaskan bahwa orientasi pelibatan ini semata-mata memberikan pelayanan lebih baik lagi kepada pelaut,” tegasnya.

images (1)

Pria yang akrab dipanggil dengan sebutan ‘Pak Tommy’ itu mengutarakan model penerbitan sertifikat oleh sekolah pelayaran seperti itu diterapkan oleh Filipina, negara yang menduduki peringkat pertama dalam memasok kebutuhan pelaut dunia.

“Ada 71 sekolah pelayaran di sana dan hanya satu milik pemerintah. Semuanya diberi kewenangan untuk menerbitkan sertifikat pelaut. Pelayanan mereka begitu efisien dan efektif,” ujarnya. (awe).