Angkasa Pura 2

Banyak Rekomendasi KNKT Belum Ditindaklanjuti Para Pemangku Kepentingan

Bandara Dermaga Emplasemen Kokpit KoridorRabu, 30 November 2016
IMG_20161130_120052

JAKARTA (beritatrans.com) – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah melakukan 339 investigasi kecelakaan transportasi selama tahun 2010-2016. Sekitar 938 rekomendasi telah dibuat dan dikirim kepada para pemangku kepentingan untuk dilakukan perbaikan. Tetapi masih sedikit yang ditindaklanjuti.

Hal itu mengemuka dalam Media Release KNKT yang digelar di Jakarta, Rabu (30/11/2016).

Media release yang dipimpin langsung oleh Ketua KNKT Dr. Ir. Soerjanto Tjahjono itu menampilkan para pembicara dari masing-masing sub komite investigasi kecelakaan transportasi yaitu sub komite investigasi kecelakaan perekeretaapian, pelayaran, penerbangan, dan lalu lintas angkutan jalan.

“Rekomendasi yang paling banyak telah ditindaklanjuti adalah sektor penerbangan. Jumlahnya mencapai sekitar 91%,” kata Soerjanto.

Selama 6 tahun, KNKT menginvestigasi 212 kecelakaan penerbangan. Dari hasil investigasi kecelakaan sebanyak itu, sedikitnya menghasilkan 78 rekomendasi yang dirujukan baik kepada regulator maupun operator penerbangan.

“Kami bersyukur rekomendasj KNKT itu sebagian besar yakni sekitar 91% sudah ditindaklanjuti dan melakukan perbaikan-perbaikan sesuai yang direkomendasikan,” katanya.

Rekomendasi di sektor perkeretaapian pun relatif telah banyak ditindaklanjuti, yaitu sekitat 51% dari total 203 rekomendasi yang dibuat.

Sedangkan rekomendasi di sektor lalu lintas angkutan jalan dan pelayaran tergolong paling banyak yang belum ditindaklanjuti. Dari 384 rekomendasi KNKT yang diberikan kepada para pemangku kepentingan transportasi jalan raya, baru sekitar 9% yang sudah ditindaklanjuti. Berarti masih ada sekitar 91% rekomendasi KNKT belum ditindaklanjuti, baik oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Dinas Perhubungan, operator kendaraan, kepolisian, operator jalan tol, dan pihak lainnya, termasuk Dirjen Bina Marga.

“Sebagian besar rekomendasi yang belum ditindaklanjuti adalah untuk Dinas Perhubungan dan operator angkutan darat,” jelas Soerjanto.

Sedangkan rekomendasi untuk sektor pelayaran yang masih belum ditindaklanjuti atau masih berstatus open sekitar 80% dari total 273 rekomendasi yang disampaikan. Artinya, rekomendasi perbaikan keselamatan pelayaran yang dikeluarkan oleh KNKT baru ditindaklanjuti oleh para pemangku kepentingan sebanyak 20%. (aliy)

loading...
Terbaru
Terpopuler
Terkomentari