Angkasa Pura 2

191 Putra Bawean dan Sapudi Jatim Selesaikan Diklat Calon Pelaut Di Poltekpel Surabaya

Dermaga SDMMinggu, 4 Desember 2016
IMG-20161204-WA0002

SURABAYA (Beritatrans.com) – Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya menggelar upacara penutupan pendidikan dan pelatihan (diklat) pemberdayaan masyarakat (company social responsibelity/ CSR) tahap II, di Surabaya Jumat (2/12/2016).

Mereka telah selesai mengikuti diklat calon pelaut gratis karena dibiayai dana APBN dan BLU Poltekpel Surabaya.

“Diklat ini diikuti sebanyak 191 orang dengan mengikuti 3 jenis diklat yaitu (BST, SAT dan AFF),” kata Direktur Poltekpel Surabaya Capt. Marihot Simanjuntak, MM saat dikonfirmasi Beriratrans.com, Minggu (4/12/2016) pagi.

Diklat pemberdyaan masyarakat ini meruakan realisasi Instrktruksi Presiden Jokowi untuk mendidik dan memberdayakan masyarakat terutama di daerah perbatasan, kepulauan dan daerah terpencil di seluruh Indonesia.

IMG-20161204-WA0003

Dalam hal ini, papar Marihot, salah atu pelaksananya dalah kampus Ppoltekpel Surabaya. “Untuk merekrut dan menyiapkan para peserta diklat bekerja sama dengan Pemkab setempat, untuk merekrut para pemuda lukusan SMP yang belum bekerja,” kilah Marihot.

Mereka selanjutnya didik dan dipersiakan menjadi pelaut-pelaut profesional dan mempunyai kemampuan teknis dan siap untuk bekerja di atas kapal. “Setelah diklat ini diharapkan mereka bisa bekerja dan terserap di berbagai perusahaan pelayaran di dalam negeri,” tukas Marihot.

Ditambahkan Marihot, untuk asal peserta diklat tahap II ini adalah putra daerah Kepulauan Bawaean Kab. Gersik dan Kepulauan Sapudi Kab. Sumenep, Jawa Timur (Jatim).

“Seluruh biaya dibebankan pada APBN dan Badan Layanan Umum (BLU) Polrtekpel Surabaya. Dalam acara ini dihadiri oleh seluruh pejabat Poltekpel Surabaya dan pengajar dan dosen,” jelas Marihot lagi.

Sebagai rangkaian acara dan penutupan diklat di Poltekpel Surabaya, tambah Marihot, dilanjutkan dengan makan bersama dan ditutup dengan doa,” tegas Marihot.(helmi)

loading...