Angkasa Pura 2

Harry: Integrasi Kapal Pelni dan Bus Pemadu Moda Mudahkan Pengguna Jasa

Dermaga Ekonomi & BisnisMinggu, 4 Desember 2016
IMG_20161203_202153

CITARIK (BeritaTrans.com) – Direktur Komersial PT Pelni Harry Boediarto mengemukakan, saat ini masih minim bus pemadu moda yang disiapkan dari pelabuhan ke beberapa kota tujuan setelah turun dari kapal.

“Contohnya di pelabuhan Tanjung Priok, penumpang harus jalan hingga dua kilometer (km) dari terminal pelabuhan menuju terminal bus,” ujar Harry di sela-sela Media Gathering Pelni di Citarik, Sukabumi, Sabtu malam (3/12/2016).

Menurut Harry dibutuhkan bus pemadu moda untuk memberikan kenyamanan dan intergrasi akan memberikan kemudahan penumpang yang baru turun dan akan melanjutkan perjalanan ke kota atau wilayah lainnya.

“Penumpang kapal rata-rata membawa barang cukup banyak dan berat, bila ada bus pemadu moda di terminal kedatangan, tentu akan lebih baik,” ungkap Harry.

Seperti halnya di bandara-bandara. Hampir semuanya sudah dilengkapi dengan bus pemadu moda untuk mengangkut dari dan ke terminal bandara.

“Kami harapkan bus pemadu moda ini bisa terealisasikan, dengan dukungan PSO (public service obligation) atau subsidi dari pemerintah, sehingga tarifnya tidak terlalu memberatkan bagi pengguna jasa kapal,” imbuh Harry.

Konsistensi pengguna kapal laut, lanjut Harry, kebanyakan lantaran pilihan rute yang menarik dan tarif yang cenderung tidak mahal dibandingkan moda pesawat. (omy)