Angkasa Pura 2

Menhub Bilang Sudah Banyak Upaya Tingkatkan Keselamatan Penerbangan

Bandara KokpitMinggu, 4 Desember 2016
budi-karya-nie-553x310

JAKARTA (beritatrans.com) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, telah banyak melakukan upaya meningkatkan kinerja keselamatan dan keamanan penerbangan.

Hal itu disampaikan Menhub dalam kegiatan Kampanye Keselamatan Penerbangan yang digelar hari ini, Minggu (4/12/2016).

“Bertujuan untuk memperbaiki mutu pelayanan transportasi udara kepada masyarakat,” kata Menhun Budi.

Ia menjelaskan, beberapa pencapaian penting di bidang keselamatan dan keamanan transportasi udara antara lain yaitu:

a. Federal Aviation Administration (FAA) menetapkan keselamatan Indonesia masuk kategori 1 (Comply With International Rule). Penetapan tersebut menunjukkan bahwa keselamatan penerbangan Indonesia telah mencapai standar FAA sehingga maskapai penerbangan Indonesia dapat melayani penerbangan ke dan dari Amerika Serikat;

b. Keluarnya 3 airlines Indonesia yaitu Citilink, Lion Air, dan Batik Air dari EU Operating Ban yang berarti mengijinkan airlines-airlines tersebut untuk terbang ke Eropa;

c. Audit ICAO USAP (Universal Security Audit Program) menunjukkan capaian kinerja keamanan penerbangan Indonesia dengan nilai 93,75 %, lebih baik dari hasil audit USAP pada tahun 2013 dengan nilai 82,3 %.

“Capaian-capaian tersebut di atas harus tetap kita pertahankan walaupun kita sadari hal ini tidak mudah,” ujar Menhub.

Menurutnya, dibutuhkan kerja keras dan komitmen semua pihak, baik pemerintah selaku regulator, operator penerbangan dan masyarakat.

“Langkah-langkah konkret perlu kita tempuh antara lain melalui komunikasi, pengenalan pemahaman, perbaikan regulasi, peningkatan sarana, prasarana, SDM dan lingkungan yang mendukung keselamatan bertransportasi,” pungkas Menhub Budi. (aliy)