Angkasa Pura 2

Menhub Budi Karya Ajak Masyarakat Budayakan Keselamatan

Bandara KokpitMinggu, 4 Desember 2016
IMG-20161204-WA0001

JAKARTA (beritatrans.com) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengajak masyarakat agar membudayakan aspek keselamatan bertransportasi. Menhub juga mengharap agar masyarat bersedia mendukung pemerintah dalam peningkatan keselamatan penerbangan.

Ajakan tersebut disampaikan Menhub dalam kegiatan Kampanye Keselamatan Penerbangan yang digelat hari ini, Minggu (4/12/2016).

“Kampanye ini dapat memberikan efek positif pada peningkatan kesadaran masyarakat terhadap hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama perjalanan menggunakan pesawat udara sehingga masyarakat menerapkan hal tersebut di setiap perjalanannya dalam menggunakan pesawat baik dalam proses pre-flight, in-flight, dan post-flight,” kata Menhub.

Selain peran masyarakat, Menhub Budi menambahkan, dibutuhkan kerja keras dan komitmen bersama baik pemerintah selaku regulator dan maskapai penerbangan selaku operator.

Langkah-langkah konkret perlu ditempuh antara lain melalui komunikasi, pengenalan pemahaman, perbaikan regulasi, peningkatan sarana, prasarana SDM dan lingkungan yang mendukung keselamatan bertransportasi.

“Direktorat Jenderal Perhubungan Udara harus terus memastikan pemenuhan terhadap seluruh regulasi keselamatan dan keamanan penerbangan oleh para operator, melakukan pengawasan proses tersebut secara rutin dan berkesinambungan, memperbaiki peralatan navigasi penerbangan serta mendorong peningkatan dukungan infrastruktur bandar udara agar memenuhi standar keselamatan dan keamanan penerbangan,” jelas Menhub.

Menhub Budi juga meminta seluruh operator penerbangan agar disiplin dalam mematuhi regulasi penerbangan, taat terhadap prosedur penerbangan, pemenuhan kondisi laik terbang bagi pesawat yang akan dioperasikan, serta tidak lupa melakukan antisipasi terhadap perubahan cuaca yang kadang-kadang membawa pengaruh terhadap operasional penerbangan. (aliy)

loading...