Angkasa Pura 2

Awak dan Nahkoda Kapal Tenggelam di Batam Selamat

DermagaRabu, 7 Desember 2016
images(2)

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kapal berbendera Malaysia TB Lom Kim Chuan 118 yang tenggelam di laut sekitar TSS batas perairan Batam-Malaysia pada Senin Malam (5/12/2016), dugaan sementara terjadi lantaran dihantam ombak dan angin di lambung kanan.

Kapal tongkang/kapal tunda itu menurut Perwira Jaga Poskodal OPS Jece Julita Pires, mengangkut sembilan orang termasuk Nahkoda Capt. Donnald R J. Oley.

“Kapal membawa 95 container dan tujuh voith paper,” ungkap Jece dalam keterangan resminya, Rabu (7/12/2016).

Kapal berlayar dari pelabuhan Port Klang, Malaysia pada Jumat (2/12/20w6) sekitar pukul 10.00 setempat dengan rute pelabuhan tujuan RAPP buatan Sungai Siak Pekanbaru.

“Dari kecelakaan tersebut, semua awak dan Nahkoda selamat. Tugboat dan barge menurut Jece juga selamat. Sedangkan angkutan barangnya, 60 container jatuh ke laut beserta enam voith paper,” kata Jece.

Jece menguraikan kronologis kejadiannya, yakni pada saat kapal melakukan penyeberangan TSS, tiba-tiba angin kencang datang dari arah barat, tepat di lambung kanan.

“Nahkoda berusaha putar haluan namun tidak bisa karena kepadatan lalu lintas laut pada saat itu,” ungkap Jece.

Selesai melakukan crossing, tongkang terlihat miring dan saat dicek ternyata beberapa angkutan sudah jatuh ke laut. (omy)

loading...