Angkasa Pura 2

Ketum Aptrindo Akui Beredar KIU Aspal

KoridorSabtu, 10 Desember 2016
20160907_175326-1-1-1-1

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Ketua Umum DPP Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Gemilang Tarigan tidak menyangkal banyak beredar Kartu Ijin Usaha (KIU) asli tapi palsu (aspal).

Soal KIU palsu ini dikonfirmasikan kepada Ketum DPP Aptrindo Sabtu (10/12/2016). Karena dalam diskusi yang menampilkan Kepala Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP) Pemda Dki, Kepala Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) dan pengusaha angkutan belum lama ini terungkap banyak beredar KIU aspal.

Bincang bincang dengan Berita Trans. com dan tabloid mingguan Berita Trans , Tarigan mengatakan munculnya KIU aspal ini karena banyak pengusaha merasa kesulitan memenuhi persyaratan untuk mendapatkan KIU.

Salah satu persyaratannya, kata Tarigan, harus memiliki Surat Ijin Perusahaan Angkutan (SIPA). Untuk mendapatkan SIPA harus punya garasi di atas lahan cukup luas dan peruntukannya harus sesuai dengan ketentuan tata kota serta harus dilengkapi Undang Undang Gangguan (UUG).

Sementara untuk mencari lahan khususnya di DKI Jakarta yang memenuhi ketentuan tadi tidak gampang. Inilah salahsatu penyebab beredarnya KIU aspal, kata Tarigan.

“Kita mengimbau Pemda DKI agar persyaratan untuk mendapatkan KIU lebih disederhanakan,” tambah Tarigan. (wilam)