Angkasa Pura 2

STTD Kirim Taruna Magang Kerja Di Dishubkominfo Kota Surakarta

Koridor SDMKamis, 15 Desember 2016
CCTV Kota Solo

SURAKARTA (Beritatrans.com) – Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Bekasi mengirimkan taruna tingkat akhir (Tingkat IV) dari progream studo (prodi) D-IV Transportasi Darat (Transdar) ke beberapa daerah di Tanah Air untuk melaksanakan magang kerja. Kegiatan praktek magang kerja ini dilakukan sebagai salah satu tugas akhir dari taruna-taruni STTD sebelum menyelesaikan pendidikan dan dinyatakan lulus mengikuti seluruh progeam studi di STTD.

Dalam masa magang kerja ini, setiap taruna bukan hanya dituntut berkompeten dalam bidang kajian ilmu yang dipelajari di kampus. “Mereka juga dituntut untuk memiliki kompetensi yang holistik seperti mandiri, mampu berkomunikasi, memiliki jejaring (networking) yang luas, mampu mengambil keputusan, peka terhadap perubahan dan perkembangan yang terjadi di dunia luar, dan lain-lain,” kata Kabag Administrasi Akademik dan Ketarunaan STTD Drs. Muh Nurhadi, MT, MM kepada beritatrans.com, Kamis (15/12/2016).

Program magang ini, lanjutnya didesain untuk memberikan pengalaman yang komprehensif bagi taruna STTD terkait dengan dunia kerja sesungguhnya. “Setelah lulus nanti diharapkam dapat dengan cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja dan memberikan kontribusi nyata bagi pengembangan diri dan organisasi.” jelas Nurhadi lagi.

Program magang kampus STTD dilaksanakan dua kali di dua tempat yang berbeda. Mereka adalah di regulator dan operator transportasi. “Kegiatan magang pertama dilaksanakan di regulator (Pemerintah), seperti di terminal, jembatan timbang, ATCS, dan PKB,” sebut Nurhadi.

Salah satu tempat yang dijadikan praktek magang adalah ATCS Dishubkominfo Kota Surakarta. “Kota Surakarta sebagai salah satu kota percontohan bidang transportasi di Indonesia. STTD memilih dua taruni yaitu Meyrissa dan Giri untuk melaksanakan kegiatan magang di Kota tersebut,” tandas Nurhadi.

Kegiatan magang dilaksanakan mulai dari tanggal 5 Desember sampai 23 Desember 2016. “Selama tiga minggu tersebut sudah banyak kegiatan yang dilakukan oleh taruna di Dishubkominfo Kota Surakarta. Mereka melakukan pemantuan situasi arus lalu lintas melalui camera CCTV CC Room Dishubkominfo Kota Surakarta yang dipasang di setiap simpang di tota tersebut,” kata Meyrissa, ala satu taruni STTD di lokasi magang kepada Beritrarrans.com.

Kegiatan lainnya yang menjadi rutinitas mereka setiap hari, menurut Meyrissa, antara lain pengecekan recording camera untuk hari sebelumnya dilakukan setiap pagi. “Selain itu, juga traffic report siaran Radio Solopos FM, RRI, dan Ria FM setiap pagi dan sore.” tukas dia.

Yang tidak kalah penting, jelas Meyrissan adalah intervensi lampu APILL setiap Kereta Api (KA) Kota Bathara Kresna dan KA Jaladara melintas atau rombongan Mider Praja (Walikota dan Rombongan), setiap Jumat pagi bersepeda mengelilingi Kota Solo itu.(icha/helmi)