Angkasa Pura 2

Awas, 16 Gunung Berapi di Indonesia Statusnya Waspada

Destinasi Lingkungan & KehutananSelasa, 20 Desember 2016
Sinabung erupsi

JAKARTA (Beritatrans.com) – Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memberikan peringatan dini, bahwa ada 17 gunung berapi di seluruh Indonesia dengan status waspada.

Peringatan itu disampaikan ke seluruh masyarakat melalui Kepala Daerah baik Gubernur atau Bupati/ Walikota di seluruh Indonesia. Selanjutnya untuk disampaikan ke masyarakat terutama yang akan melakukan mudik dan liburan Natal dan Tahun Baru 2016.

Warga masyarakat sebaiknya tidak mendekati objek gunung berapi di 16 tempat tersebut. Paling tidak, jangan beraktivitas di radius 3 km dari puncak gunung atau kepundan yang bisa mengeluarkan erupsi atau awan panas dan dampak negatif lainnya.

Jika akan pergi liburan atau merayakan Natakl dan Tahun Baru bersama teman atau keluarga, sebaiknya menjauhi lokasi gunung berapi yang sudah naik statusnya menajdi waspada.

Seperti direlease dalam situs www.esd.go.id 16 gunung berapi dalam status aktivitas waspada dan dalam pemantauan Badan Geologi Kementerian ESDM tersebar di berbagai daerah.

Mereka itu adalah 1.Sinabung 2.Bromo 3.Rinjani 4.Lokon 5.Soputan 6.Karangetan 7.Gamalama 8.Sangeangapi 9.Rokatenda, 10.Ibu 11.Gamkonora 12.Semeru 13.Anak Krakatau 14.Merapi 15.Dukono 16.Kerinci.(helmi)

← Artikel Sebelumnya
Terbaru
Terpopuler
Terkomentari