Angkasa Pura 2

Januari 2017 Perum PPD Dan BPTJ Luncurkan 50 Bus Transjabodetabek

KoridorSelasa, 20 Desember 2016
Bus PPD Transjakarta1

JAKARTA (Beritatrans.com) – Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) bersama Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) siap meluncurkan 50 unit bus Transjabodetabek. Pada peluncuran tahap pertama ini akan dimulai dengan 15 bus dan secara bertahap akan ditingkatkan jumlahnya.

“Untuk tahap awal akan melayani koridor I dari Ragunan Jakarta Selatan ke Dukuh Atas dengan 15 bus dulu. Tapi pada praktiknya nanti sampai Silang Monas, Jakarta Pusat. Peluncuran bus itu direncanakan pada 12 Januari 2017 mendatang,” kata Dirut Perum PPD Pande Putu Yasa kepada Beritatrans.com di Jakarta, Selasa (20/12/2016).

Menurutnya, 50 bus Transjabodetabek itu baru tahap pertama dan dilakukan uji coba selama tiga bulan. Jika dirasa cukup dan berhasil akan segera dikembangkan ke rute lain di wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi).

Dalam standard operation prosedur (SOP) Perum PPD, lanjut Putu, rute koridor I sejauh 30,8 km itu akan ditempuh sekitar 1 jam. Semua tergantung kondisi jalan dan kemacetan di jalan, karena meskipun berjalan di koridor bus Transjakarta banyak lokasi yang tidak steril bahkan macet parah.

“Untuk melayani rute Transjabodetabek di koridor I tersebut, Perum PPD akan menurunkan SDM terlatih dan profesional. Mereka juga akan dipantau dan diawasi langsung dari Pusat Operasi PPD di kantor Pusat PPD Jalan DI Panjaitan No.1 Jakarta Timur,” papar Putu.

Putra Bali itu menambahkan, armada bus Transjabodetabek yang akan dioperasikan untuk koridor I Transjabodetabek masih baru. Paling tidak bus masih dalam kondisi prima.

“Jika digunakan untuk masyarakat tidak mengecewakan bahkan mampu memberikan pelayanan terbaik dengan tingkat keselamatan dan keamanan yang tinggi,” tukas Putu.

Kembangkan Bisnis Berbasis IT

Dalam kesempatan tersebut, Putu Yasa mengatakan, pihaknya mengusulkan ke BPTJ tarif murah, rata-rata Rp3.500 per orang. Tiket ini terintegrasi ke seluruh rute di Jakarta. “Jumlah tersebut memang baru impas. Selanjutnya, PPD akan mencari sumber penerimaan yang lain, termasuk iklan information technology (IT),” papar Putu.

Dalam layanan bus Transjabodetabek nanti akan dilengkapi fasilitas IT serta aplikasi yang bisa diunduh oleh masyarakat luas. Dari aplikasi itulah nanti akan diperoleh penerimaan baru, meski tidak mahal.

“PPD telah menjalin kerja sama dengan PT Telkom, Tbk. BUMN bidang IT itu sudah berpengalaman sekaligus mampu memperkuat sinergi antar BUMN, guna memberikan yang terbaik ke masyarakat,” kilah Putu.

Dia menambahkan, Perum PPD dan PT Telkom, Tbk sudah komit untuk memberikan pelayanan terbaik, mudah, murah dan cepat ke masyarakat. “Di era digital ini, semua layanan umum ke masyarakat sudah berbasis IT. Perum PPD pun siap menyesuaikan dan menerapkan aplikasi IT tersebut,” urai Putu.

“Dengan aplikasi tersebut, posisi bus Transjabodetabek bisa diketahui, kecepatan berapa dan konsumen akan naik bus yang mana. Dengan begitu, masyarakat bisa dengan mudah mengatur perjalanan dan memilih terbaik sesuai pilihan dan selera konsumen,” tegas Putu.(helmi)