Angkasa Pura 2

Putu: 30 Taruna STTD Ikut Program Pembibitan dari Perum PPD

Koridor SDMTuesday, 20 December 2016

JAKARTA (Beritatrans.com) – Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) menyiapkan sumber daya manusia (SDM) unggul dan kini masih mengikuti pendidikan di Kampus STTD Bekasi. BUMN itu siap tumbuh dan berkembang menjadi BUMN transportasi unggulan di Indonesia.

“Sebanyak 30 orang taruna STTD ikut program pembibitan atau dulu disebut ikatan dinas dari Perum PPD. Mereka disiapkan menjadi SDM unggul bahkan siap membawa PPD menjadi BUMN tangguh dan mempunyai kinerja baik di Tanah Air,” kata Dirut Perum PPD Pande Putu Yasa menjawab Beritatrans.com di Jakarta, Selasa (20/12/2016).

Menurutnya, taruna program pembibitan Perum PPD itu mengambil program Transportasi Umum di Kampus STTD. “Setelah lulus nanti, mereka akan direkrut dan dipekerjakan di Perum PPD. Saat ini, mereka belajar dengan beasiswa penuh dari perusahaan ini,” kata Putu, sapaan akrab dia.

Perum PPD sekarang mengoperasikan 650 unit bus, termasuk 25 bus gandeng hasil kerja sama operasi dengan pihak ketiga. Bus tersebut dioperasikan bekerja sama dengan PT TransJakarta, salah satu BUMD Pemprov DKI Jakarta.

“Hampir semua koridor TransJakarta ada bus Perum PPD. Kita bermitra dan menjadi operator diseluruh koridor TransJakarta ini,” papar Putu.

Untuk mendukung operasional bus Perum PPD, maka BUMN transportasi itu membutuhkan SDM yang unggul. Mereka harus menguasai masalah teknis transportasi, dan juga didukung penguasaan information technology (IT), Bahasa Inggris dan tentukan sikap mental dan disiplin yang baik.

“Semua itu harus dididik dan dipersiapkan sejak dini. Oleh karenanya, Perum PPD bekerja sama bidang dikkat dengan kampus STTD Bekasi untuk mendidik dan menbyiapkan SDM unggul tersebut,” kilah Putu di dampingi Sekretaris Perusahaan (Sekper) Perum PPD Chrissma Sulistyana itu.

Sejak beberapa tahun terakhir, tambah Putu, pihaknya sudah banyak merekrut dan mempekerakan alumni STTD. Mereka kini duduk di level menengah dalam manajemen BUMN transportasi itu.

“Hasilnya cukup bagus, kinerja dan pelayanan Perum PPD makin baik. Semua itu tak lepas dari kerja keras dan tangan-tangan kreatif muda di PPD salah satunya alumni PPD itu,” tandas Putu.

Layanan Berbasis IT

Sekper Perum PPD Chrissma Sulistyana menambahkan, kini perusahaan PPD sudah bekerja dengan berbasis IT. “Semua bus yang beroperasi dilengkapi GPS sehingga semua pergerakan armada di lapangan bisa dipantau dan dikendalikan dari ruang operasi di kantor pusat Perum PPD,” kata Tya, sapaan akrab dia.

Dia menambahkan, seluruh SDM PPD beroperasi dengan mengutamakan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan. “Oleh karena itu, jika ada pengemudi yang memacu kendaraan melebihi batas atau berhenti mendadak dan membahayakan penumpang langsung ditegur dan diingatkan dari ruang operasi tersebut,” kilah Tya.

“Pengemudi di Perum PPD juga sudah dibekali dengan kemampuan teknis yang bagus serta sikap dan perilaku yang benar sebagai pengemudi profesional. Mereka sudah lulus diklat pengemudi cerdas di beberapa ampus BPSDM Perhubungan termasuk STTD Bekasi,” tegas Tya.(helmi)