Angkasa Pura 2

Uang Jutaan Rupiah Disita Saber Pungli Dari Pelabuhan Pontianak

DermagaSelasa, 20 Desember 2016
pelabuhan pontianak

PONTIANAK (BeritaTrans.com) – Ketua Sapu Bersih Pungut Liar (Saber Pungli) Provinsi Kalbar, Kombes Pol Suyata membenarkan pihaknya telah mengamankan sejumlah warga sipil dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT), Sabtu (17/12/2016) lalu.

Suyata menuturkan dalam OTT Saber Pungli terkait muat bongkar di Pelabuhan Dwikora, telah diamankan sejumlah barang bukti yakni uang tunai Rp 5 Juta dan beberapa nomor rekening milik anggota koperasi yang diamankan.

“Kita membenarkan hal tersebut saat ini masih dilakukan pendalaman di Direktorat Reserse Kriminal Khusus,” ujar Irwasda Polda Kalbar tersebut.

Menurutnya, saat ini sudah ada tersangka yang sudah dilakukan pemeriksaan, dan akan lakukan pemeriksaan lebih dalam lagi.

“Yang penting saat ini mereka sudah diamankan dan termasuk barang bukti yang kami sita,” katanya.

Kombes Suyata menjelaskan diamankanbnya sejumlah warga oleh tim Saber Pungli berdasarkan hasil penyelidikan di lapangan, kemudian ditindaklanjuti unit Pemberantasan Pungli.

Secera terpisah, Bendahara Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Jasa Karya, memastikan kalau yang diamankan tersebut bukanlah bagian dari pengurus inti koperasi melainkan hanya anggota.

“Saya juga kurang mengetahui berapa banyak yang diamankan, dan mereka itu bukan pengurus inti koperasi melainkan sebagai anggota saja,” kata Bendahara Koperasi TKBM, Ilyas Ahmad ditemui, di ruang kerjanya, Senin (19/12/2016).

Ilyas tidak bisa memberikan keterangan lebih banyak, karena ia hanya sebagai bendahara dan mempunyai atasan yaitu Retno Pramudya sebagai ketua dan ada sekretaris sebagai corong pembicara dari koperasi.

“Saya tidak bisa memberikan keterangan lebih banyak, karena di sini ada ketua dan sekretaris,” jelasnya.

Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Christiandy Sanjaya mengapresiasi petugas Polda Kalbar dan Tim Saber Pungli yang melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap oknum petugas Pelindo 2.

“Terus berantas Pungli supaya masyarakat tidak dibebani,” kata Wagub kepada Tribun, Sabtu (17/12/2016).

Wagub meminta semua sektor pelayanan publik untuk bersungguh-sungguh melayni masyarakat. Tim Saber Pungli yang dibentuk mulai dari tingkat pusat hingga daerah harus bekerja keras untuk memberantas Pungli. lia/sumber tribunnews).