Angkasa Pura 2

Capt Arifin: Mulai l Januari 2017 Setiap Kapal Wajib Ada ETO dan ETR

Dermaga SDMRabu, 21 Desember 2016
IMG-20161221-WA0012

JAKARTA (Beritatrans.com) – Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut, BPSDM Perhubungan Capt. Arifin Soenardjo menegaskan, IMO mewajibkan di setiap kapal wajib ada ETO dan ETR mulai l Januari 2017. Selama ini electrician baru ada sampai di level masinis.

“Sesuai STCW 2010 Amandemen Manila, setiap kapal diwajibkan ada perwira electrician baik ETO dan ETR,” kata Arifin pada acara Coffee Morning Poltekpel Surabaya di Hotel Mercure Jakarta Rabu (21/12/2016).

ETO dan ETR harus diawaki oleh SDM profesional dan ahli di bidangnya serta dilengkapi dengan sertidikasi dari lembaga berwenang. Mereka adalah para alumni Prodi ETO.

“Sejauh ini Poktekpel Surabaya menjadi kampus pertama yang mempunyai Prodi ETO. Selain taruna reguler, Poltekpel juga mulai membuka ETO Transisi,” jelas Arifin menjawab pertanyaan audiens yang hadir itu.

Masih ada waktu, lanjut dia, bago perusahaan yang belum memiliki SDM Electrician untuk bisa mengirimkan personelnya belajar dan mengambim diklat ETO Transisi di Poltekpel,” papar Arifin.

Indonesia sebagai anggota IMO menurut Arifin tentu harus mengikuti ketentuan tersebut. “Kapal-kapal berbendera Indonesia harues mengikuti ketentuan tersebut dan melengkapi perwira di kapal dengan personel ETO,” tegas Arifin.(helmi)