Angkasa Pura 2

Kemenpar Targetkan Kunjungan Wisman 15 Juta  di 2017

DestinasiRabu, 21 Desember 2016
IMG20161221135316

JAKARTA (BeritaTrans.com) – ‎Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mentargetkan kunjungan wisman tahun 2017 sebanyak 15 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan 265 juta pergerakan wisatawan nusantara (wisnus).

“Target kita didukung dengan program prioritas Kemenpar antara lain digital tourism, homestay, dan konektivitas udara,” ungkap Menpar Arief Yahya saat Jumpa Pers Akhir Tahun 2016 di Jakarta, Rabu (21/12/2016).

Menpar menegaskan, kunci keberhasilan pembangunan kepariwisataan nasional tidak lepas dari peran serta semua pemangku kepentingan (stakeholder), kalangan akademisi, pelaku bisnis, komunitas,  pemerintah, dan media sebagai kekuatan pentahelix.

“Kerja sama semua unsur pariwisata ini sebagai Indonesia Incorporated menjadi kekuatan kita untuk mewujudkan target 2017 hingga 2019 mendatang,” kata Menpar.

Menpar mengatakan, pemerintah dalam program pembangunan lima tahun ke depan fokus pada sektor infrastruktur, maritim, energi, pangan, dan pariwisata. 

Penetapan kelima sektor ini dengan pertimbangan signifikansi perannya dalam  jangka pendek, menengah, maupun panjang  terhadap pembangunan nasional. 

“Dari lima sektor tersebut pariwisata ditetapkan sebagai leading sector karena dalam jangka pendek, menengah,  dan panjang pertumbuhannya positif,” kata Menpar.

Menurut data Badan Pariwisata Dunia (UNWTO) dan WTTC 2015,  sektor pariwisata memberikan kontribusi sebesar 9,8% Produk Domestik Bruto (PDB) global, kontribusi terhadap total ekspor dunia sebesar US$ 7,58 triliun dan foreign exchange earning sektor Pariwisata tumbuh 25,1%, dan pariwisata membuka lapangan kerja yang luas. 1 dari 11 lapangan kerja ada di sektor pariwisata.

“Dibandingkan dengan sektor lain, pembangunan pariwisata merupakan yang paling mudah menciptakan lapangan kerja (pro-job), pengentasan kemiskinan (pro-poor), mendorong pertumbuhan ekonomi (pro-growth), dan melestarikan lingkungan hidup (pro-environment),” tutur Menpar. (omy)‎

loading...