Angkasa Pura 2

Pengelolaan 141 Jembatan Timbang Dialihkan ke Kemhub Awal Tahun Depan

KoridorRabu, 21 Desember 2016
IMG-20161221-WA0041

JAKARTA (beritatrans.com) – Sedikitnya 141 Unit Penyelenggara Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) yang semula dioperasikan oleh pemerintah daerah segera dialihkan ke Kementerian Perhubungan mulai awal tahun 2017 mendatang. Penyerahan tersebut berikut dengan 1.576 PNS UPPKB.

“Sebanyak 141 UPPKB dengan 1.576 PNS yang sebelumnya dikelola Provinsi akan diserahkan pengelolaannya kepada pemerintah pusat,” kata Menteri Perhubungan saat memberikan arahan pada para petugas Terminal A dan UPPKB di Jakarta, Rabu (22/12/2016).

Menurut Memhub, pengalihan ini mempunyai latar belakang yang baik yaitu agar penyelenggaraan penimbangan kendaraan bermotor menjadi lebih efektif dan efisien.

“Sehingga bisa memberikan manfaat nyata bagi masyarakat,” ujarnya.

Untuk itu, lanjut Menhub, Kementerian Perhubungan telah dan akan melakukan langkah-langkah pengalihan urusan penimbangan kendaraan bermotor serta menyiapkan rencana strategis penyelenggaraan penimbangan kendaraan bermotor pada masa yang akan datang.

Budi juga menegaskan agar operasional Jembatan Timbang dilaksanakan dengan sungguh-sungguh. Sehingga dapat melindungi kualitas jalan raya dari kerusakan. Selain itu faktor keselamatan pun lebih terjamin.

“Saya mengimbau kepada seluruh petugas UPPKB agar tidak melakukan pungli lagi di jalan, dan bersungguh-sungguh menegakkan aturan soal tonase,” tambah Budi. (aliy)

loading...