Angkasa Pura 2

Selain Jembatan Timbang, Kemhub Ambil Alih Pengelolaan 143 Terminal Tipe A

KoridorRabu, 21 Desember 2016
IMG_20161221_164812

JAKARTA (beritatrans.com) – Mulai awal tahun depan, selain mengambil alih 141 berikut 1.576 PNS jembatan timbang, Kementerian Perhubungan mengambil alih juga pengelolaan 143 Terminal Tipe A. Pengambilalihan itu pun berikut 1.434 Pegawai Negeri Sipil atau PNS-nya.

“Kementerian Perhubungan juga telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan di daerah terkait pengalihan penyelenggaraan terminal tipe A. Sebanyak 143 terminal tipe A akan diserahkan pengelolaannya kepada pemerintah pusat, dan sebanyak 1.434 PNS terminal tipe A seluruh Indonesia akan beralih menjadi pegawai Kementerian Perhubungan,” kata Menteri Perhubungan saat memberikan arahan pada para petugas Terminal A dan UPPKB di Jakarta, Rabu (21/12/2016).

Menhub Budi menjelaskan, Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah mengamanatkan penyelenggaraan terminal tipe A atau terminal induk yang sebelumnya menjadi urusan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Provinsi dialihkan menjadi urusan Pemerintah Pusat. Begitu juga soal pengelolaan jembatan timbang.

“Dengan mengacu pada regulasi yg ada, terminal penumpang tipe A menjalankan fungsi pelayanan dan UPPKB sebagai fungsi pencatatan, pengawasan dan penindakan pelanggaran muatan angkutan barang di jalan,” kata Menhub.

Terminal A berfungsi melayani kendaraan umum baik secara nasional maupun internasional seperti angkutan antarkota antarprovinsi dan/atau angkutan lintas batas negara, angkutan antarkota dalam provinsi, angkutan kota dan angkutan pedesaan. (aliy)