Angkasa Pura 2

Kapal Pelni KM Kelimutu Diserbu Wisatawan Karimun Jawa

DermagaMinggu, 25 Desember 2016
KELIMUTU (10)

JEPARA (BeritaTrans.com) – Kapal Pelni KM Kelimutu diserbu wisatawan yang akan berlayar ke Karimun Jawa, Jepara, Jawa Tengah.

Memasuki libur akhir ini ini, menurut Perwakilan Pelni di Karimun Jawa Putranto, penumpang KM Kelimutu lebih dari 1.000 orang.

“Biasanya rata-rata 600-700 orang setiap pelayaran, kini meningkat signifikan di musim liburan,” ungkap Putranto di Karimun Jawa, Minggu (25/12/2016).

KM. Kelimutu berangkat dari Semarang pada Sabtu dinihari (24/12/2016) dan tiba pagi harinya di Karimun Jawa. Kembali lagi dari Karimunjawa ke Semarang Minggu (25/12/2016) pukul 13.00 dan akan tiba di Semarang pukul 18.00.

“Tadi malam gelombang tinggi dan kapal kapal kecil reguler terganggu. Namun pagi ini gelombang turun dan kapal Expres sudah bergerak berangkat sehingga kapal Kelimutu cukup untuk menampung penumpang,” katanya.

Sering terjadi gelombang tinggi di perairan tersebut, kapal Pelni masuk ke Karimun Jawa dari Semarang dua minggu sekali sejak awal 2016.

“Atas permintaan warga, Pelni telah melayari Semarang-Karimun Jawa rutin setiap dua minggu. Kehadiran kapal Pelni sangat menolong warga, terutama saat gelombang tinggi seperti saat ini,” imbuh Putranto.

Pada pelayaran minggu keempat di Desember ini banyak wisatawan ke Karimun Jawa. Selain kapal Pelni ada pelayaran swasta dari Semarang dan Jepara ke Karimunjawa dengan kapal ukuran lebih kecil dibanding kapal Pelni, sehingga bila gelombang tinggi kapal tidak bisa berlayar.

Kapal tipe 1.000 pax ini memiliki kapasitas 1.000 bed. Tarifnya juga murah Rp‎130.000, s‎ekali jalan atau Rp260.000 pp. Bila pilih menginap, makan di kapal dan wisata all in juga bisa. Harganya tidak sampai Rp1juta per orang tergantung kelas yang diambil.

“Kehadiran kapal Pelni ke Karimun Jawa telah mendukung aktivitas warga dan meningkatkan wisatawan ke Karimun Jawa,” pungkas Putranto. (omy)