Angkasa Pura 2

KNKT Amankan & Teliti Black Box Wings Air Tergelincir

Bandara KokpitSenin, 26 Desember 2016
2016-12-26 12.19.14

SEMARANG (beritatrans.com) – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mulai melakukan investigasi pesawat Wings Air yang mengalami kecelakaan saat landing di Bandara Ahmad Yani, Semarang, Minggu (25/12/2016) kemarin. KNKT juga telah mengamankan kotak hitam atau black box pesawat Wings Air dengan nomor penerbangan IW 1896 tersebut.

“Kami amankan kotak hitam dan voice recorder. Sore tadi dibawa ke Jakarta dan diproses di sana,” kata Kepala KNKT DR. Ir. Soerjanto Tjahjono saat konfrensi pers di Kantor Angkasa Pura I Semarang, Senin, (26/12/2016).

Soerjanto mengatakan, investigasi terhadap kotak hitam itu dilakukan mengingat tergelincirnya pesawat sudah masuk kategori accident. Untuk itu, butuh waktu lebih untuk membaca percakapan dalam kotak hitam tersebut.

“Black box ini butuh beberapa hari pembacaannya dan sedang kita kerjakan di Jakarta,” katanya.

Kasubkom Investigasi Udara Capt Nurcahyo Utomo menambahkan, butuh waktu sekitar enam bulan untuk mengumpulkan data dari black box Wings Air yang mengalami kecelakaan tersebut. Prosesnya pun dilakukan dengan memintai keterangan dari Airnav.

“Harapannya waktu enam bulan berhasil mengungkap. Meskipun dalam undang-undang dibolehkan selama satu tahun atau lebih,” katanya. (aliy)