Angkasa Pura 2

Hendak Landing Di Singapura, Lion Air Alihkan Pendaratan Ke Batam

KokpitSelasa, 27 Desember 2016
lion-air

BATAM (BeritaTrans.com) – Andre gusar saat pesawat Lion Air JT 152 rute Jakarta-Singapura yang dinaikinya nyaris mendarat, tiba-tiba dialihkan ke Batam. Ada masalah teknis yang diinformasikan ke penumpang.

“Tadi kira-kira pukul 08.00 WIB, pesawat sudah sampai di Singapura, mau landing. Ternyata nggak jadi landing dan dipindahkan ke Batam,” jelas Andre, salah satu penumpang JT 152 saat berbincang dengan detikcom, Selasa (27/12/2016) pukul 10.15 WIB.

Pesawat JT 152 itu berangkat dari Jakarta tepat waktu, pukul 06.15 WIB dan seharusnya tiba di Singapura pukul 08.00 WIB atau pukul 09.00 waktu Singapura. Andre gemas karena nyaris mendarat namun tak jadi. Rupanya pilot menginformasikan pada penumpang ada masalah teknis.

“Penumpang diminta turun di Batam. Saat penumpang mau turun, pilotnya mengatakan tidak ada emergency. Saat di darat, kru di darat mengatakan pesawatnya rusak,” jelas Andre.

Hingga dihubungi detikcom pukul 10.15 WIB, Andre dan penumpang lainnya sudah berada di Batam sekitar 2 jam lebih. Penumpang, imbuh Andre, sudah diberikan snack karena pengalihan penerbangan ini.

“Katanya pesawat diganti dari Surabaya, mau ke Medan, dialihkan dulu ke Singapura,” jelasnya.

Pihak Lion Air, yang dikonfirmasi detikcom, melalui Public Relation Manager Lion Air Group Andy M Saladin membenarkan ada pengalihan pesawat Lion Air Jakarta-Singapura ke Batam.

“Memang betul ada divert ke Batam. Pesawat sedang penerbangan ke Singapura, ada lampu indikator yang menyala. Demi keamanan dan keselamatan penerbangan, divert ke Batam untuk dilakukan pengecekan,” kata Andy yang dihubungi pukul 10.45 WIB.

Andy menambahkan penumpang akan diberangkatkan ke Singapura dengan pesawat pengganti dan sedang panggilan boarding alias naik ke pesawat. Pesawat awal yang mengalami masalah teknis akan dilakukan perbaikan dan pengecekan di pusat perawatan pesawat Lion Air di Batam. (ani).