Angkasa Pura 2

Jelang Tutup Tahun, Program Kerja Badan Litbang Tercapai 100%

LitbangRabu, 28 Desember 2016
IMG_20161228_135948

JAKARTA (beritatrans.com) – Menjelang tutup tahun 2016, Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Perhubungan berhasil menyelesaikan seluruh progran kerja selama tahun 2016.

“Capaian kinerja Badan Litbang Perhubungan tahun 2016 dapat dilakukan 100% sesuai dengan rencana,” kata Kepala Badan Litbang Perhubungan DR Ir. Agus Santoso, M.Sc., di Ruang Rapat Badan Litbang Jakarta, Rabu (28/12/2016).

Pada kesempatan tersebut, Agus juga memaparkan rencana kerja Badan Litbang Perhubungan di tahun 2017 mendatang.

Agus menjelaskan penelitian yang telah dilaksanakan tahun 2016 yaitu Studi Besar sebanyak 21 penelitian, Studi Sedang sebanyak 19 penelitian, dan studi kecil sebanyak 132 penelitian; Penugasan Menteri Perhubungan sebanyak 41 kajian; menerbitkan 17 buku Knowledge Sharing Program (KSP) sebagai salah satu upaya Badan Litbang dalam mensosialisasikan/menyerbarluaskan ilmu pengetahuan terkait dengan transportasi kepada masyarakat umum dalam bahasa ilmiah populer.

“Badan Litbang juga secara rutin mengadakan Focus Group Discussion (FGD) yang terdiri dari 24 kegiatan untuk salig tukar menukar pengetahuan dan informasi antara pengguna jasa transportasi, regulator, para pakar, dan praktisi,” jelas Agus.

Selain itu, untuk mengajak peran masyarakat, Badan Litbang Perhubungan juga telah mengadakan Lomba Penelitian Transportasi dengan tema “Inovasi Teknologi Transportasi Udara dalam rangka Meningkatkan Keselamatan Penerbangan”.

Lomba tersebut menghasilkan 268 naskah dari 10 regional untuk kategori SLTA/S1 sebanyak 83 naskah dan kategori S2/S3 sebanyak 185 naskah.

Badan Litbang juga telah mempublikasikan hasil-hasil penelitian melalui 5 Jurnal Ilimah yaitu Warta Penelitian Perhubungan, Jurnal Penelitian Transportasi Multimoda, Jurnal Penelitian Transportasi Darat, Jurnal Penelitian Transportasi Laut, dan Warta Ardhia; Jurnal Perhubungan Udara.

Untuk program kerja tahun 2017, kegiatan strategis Badan Litbang adalah Survey dan Statistik Asal Tujuan Transportasi Nasional (ATTN) untuk Penumpang; Studi Master Plan Pelabuhan Laut di 9 lokasi (wilayah Maluku dan Sulawesi); Studi Penyusunan Rencana Induk (Master Plan) Bandar Udara Jila – Kabupaten Mimika; Penelitian Pengembangan Energi Alternatif di Bandar Udara Terpencil dan Terisolir (Solar Cell, Air Bersih dan Hydro Power); Pengkajian Optimalisasi Jalur Penerbangan di Selatan Pulau Jawa; Pengkajian Fatique Risk Management System (FRMS) dan Ketentuan Batas Umur terhadap SDM Penerbangan di Indonesia; Black Box Kendaraan Angkutan Umum dan B3; SNI Infrastruktur Transportasi Tahan Gempa; dan Review Rencana Induk Integrasi Transportasi. (aliy)