Angkasa Pura 2

Menhub Resmikan Pengoperasian Terminal Terpadu Pulogebang

KoridorRabu, 28 Desember 2016
IMG20161228165759

IMG-20161228-WA0035

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meresmikan peresmian terminal terpadu Pulogebang, Jakarta Timur. Soft launching ini menandakan mulai resminya pengoperasian terminal tipe A di DKI Jakarta tersebut.

Menhub mengemukakan apresiasinya terhadap pembangunan terminal terpadu Pulogebang dengan fasilitas yang luar biasa.

“Saya berterimakasih kepada semua pihak, Pemprov DKI, pengusaha bus, pengemudi, dan kenek,” ujar Menhub di Jakarta, Rabu (28/12/2016).

Diharapkan dalam satu hingga dua bulan ke depan, menurut Menhub, terminal sudah lebih siap dengan kelengkapan sarana dan prasarana maksimal.

“Ada dua terminal percontohan di Indonesia yakni Tirtonadi, Solo dan Pulogebang, Jakarta,” ungkap Menhub.

Nantinya, lanjut dia, tidak ada lagi yang memanfaatkan terminal bayangan, semua bus akan naik dan turun harus dari terminal Pulogebang.

Bersamaan dengan peresmian Pulogebang, maka dua terminal Pulogadung dan Rawamangun akan ditutup operasional angkutan antar kota dan antar propinsi (AKAP).

Plt. Gubernur DKI Soemarsono mengungkapkan, pembangunan terminal ini dilaksanakan sejak 2010 dengan menyerap anggaran hingga Rp450 miliar yang semuanya berasal dari dana APBD.

“Terminal terpadu ini memiliki empat gedung utama, untuk awak bus istirahat, keberangkatan bus, kedatangan, terminal angkutan kota, dan busway,” tutur Soemarsono.

Dalam kesempatan tersebut, Menhub didampingi Dirjen Perhubungan Darat Pudji Hartanto, Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Elly Adriani Sinaga, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Wahyu Utomo, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Perhubungan Agus, dan jajaran Kementerian Perhubungan. (omy)‎