Angkasa Pura 2

Airnav Indonesia Siapkan Posko Monitoring Navigasi Penerbangan Tahun Baru

BandaraKamis, 29 Desember 2016
IMG-20161229-WA0038

BOGOR (BeritaTrans.com) – Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau ‎Airnav Indonesia Menyiapkan pelaksanaan posko monitoring layanan navigasi tambahan dalam pelaksanaan penerbangan libur Natal dan Tahun Baru.

Direktur Operasi Airnav Indonesia Wisnu Darjono mengungkapkan, tugas utama posko adalah memantau guna kelancaran pelayanan navigasi penerbangan selama angkutan Natal dan Tahun Baru.

“Selain itu, posko juga untuk persiapan bila dalam keadaan darurat dengan melakukan koordinasi internal dan eksternal,” jelas Wisnu di Bogor, Kamis (29/12/2016).

Koordinasi internal Wisnu menuturkan, dilakukan antara kantor pusat dan antar KPNP. Sedangkan dengan eksternal diantaranya Kementerian Perhubungan cq Ditjen Perhubungan Udara, Otoritas Bandara, PT Angkasa Pura I dan II, dan Unit Pengelola bandara Ditjen Hubud.

“Selain itu, kami juga berkoordinasi dengan IASM(Indonesia airport Slot Management), maskapai, BMKG, Basarnas, dan pihak terkait lainnya,” kata Wisnu.

Posko dibuka di kantor pusat selama 24 jam, di 27 cabang pelayanan Airnav Indonesia (jam kerja), dan di delapan‎ operasional 24 jam.

“Walaupun di 27 cabang beroperasi pada jam kerja, namun bila dibutuhkan perpanjangan waktu, kami siap melaksanakan navigasi penerbangannya,” imbuh Wisnu.

Sedangkan delapan bandara 24 jam operasi diantaranya Batam (Hang Nadim), Denpasar (I Gusti Ngurah Rai), Jakarta (Halim Perdanakusuma), Jakarta‎ (Soekarno Hatta), Manado (Sam Ratulangi), Makassar (Hasanuddin), Medan (Kualanamu), dan Surabaya (Juanda). (omy)