Angkasa Pura 2

ASDP Antisipasi Lonjakan Trafik Jelang Tahun Baru

DermagaThursday, 29 December 2016

MERAK (BeritaTrans.com) – PT ASDP Indonesi Feri antisipasi trafik layanan penyeberangan menjelang Tahun Baru 2017, kendati tren pengguna jasa penyeberangan mengalami penurunan pada periode angkutan Natal. Di sejumlah lintasan yang dipantau secara nasional, diprediksi puncak arus jelang pergantian tahun pada Jumat dan Sabtu (30-31/12/2016).

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Faik Fahmi mengatakan, trafik penyeberangan pada periode angkutan Natal mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu, yakni penumpang sebesar 15 persen, dan kendaraan 14 persen. 

“Secara nasional ada penurunan trafik. Salah satu pemicu, waktu libur relatif lebih pendek dibandingkan 2015, dan tahun ini kondisi cuaca ekstrem cukup signifikan, sehingga ikut memengaruhi aktivitas kapal,” kata Faik, di Merak, Kamis (29/12/2016).

Pada angkutan Tahun Baru, diperkirakan trafik sepeda motor, mobil pribadi, dan bus pariwisata akan mengalami kenaikan sekitar 3-5 persen dari hari normal, khususnya yang menuju destinasi wisata.

“Walaupun tidak terlalu signifikan, ada potensi kenaikan dari hari normal. Namun, kita sudah antisipasi hal ini, misalnya kapasitas terpasang dari Merak sangat memadai. Terbukti, saat arus puncak keberangkatan Natal pekan lalu, aman, nyaman, dan lancar,” kata Faik. (omy)