Angkasa Pura 2

Pelabuhan Patimban Diharapkan Terintegrasi Dengan Tanjung Priok

DermagaKamis, 29 Desember 2016
356371_620

JAKARTA (beritatrans.com) – Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, yang pembangunannya direncanakan pada 2018 mendatang, diharapkan terintegrasi dengab Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

“Untuk meningkatkan efisiensi distribusi logistik di Indonesia,” kata Menteri Perhubungan melalui keterangan tertulis yang diterima beritatrans.com dan Tabloid Mingguan Berita Trans di Jakarta, Kamis (29/12/2016).

Terkait pengelolaan Pelabuhan Patimban, Menhub mengatakan, akan dilakukan pembahasan lebih lanjut.

“Bagaimana pihak-pihak yang terlibat dan bentuk usaha yang akan dikerjasamakan akan dibahas lebih lanjut tapi akan diwakili oleh pihak swasta Jepang dan swasta Indonesia,” ujarnya.

Saat ini Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perhubungan bersama dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) dan Bappenas sedang mempersiapkan desain Feaslibility Study, AMDAL dan proses pinjaman maupun investasi lokal. Untuk proses AMDAL diharapkan sudah dapat selesai pada Februari 2017.

Seperti diketahui, Pemerintah tengah merencanakan pembangunan pelabuhan Patimban, Jawa Barat yang pembangunannya akan menggunakan pinjaman lunak dari Pemerintah Jepang melalui JICA untuk tahap awal sebesar US$1,7 Miliar. (aliy)