Angkasa Pura 2

JICT Luncurkan Tambahan Layanan Transaksi Barang Impor

DermagaJumat, 30 Desember 2016
20161230_104746-1-1-1-1-1

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Terminal Petikemas Jakarta International Container Terminal (JICT) meluncurkan New Generation- Billing Online Self Service (New G- Boss) untuk melengkapi sistem layanan transaksi jasa terminal bagi barang impor.

VIce President JICT, Riza Erivan saat peluncuran New G- Boss Jumat (30/12/2016) mengatakan kalau sebelumnya G- BOSS layanannya masih terbatas. Tapi dengan New G- BOSS semua transaksi impor di JICT dapat diselesaikan melalui sembilan unit Kiosk G-BOS.

Sebelumnya layanan transaksi sampai Surat Persetujuan Pengeluaran Barang (SP2B) dari Bea dan Cukai. Tapi sekarang diperluas sampai BC 23 bagi barang akan dibawa ke kawasan pabean dan perpanjangan E-Ticket untuk pengeluaran petikenas impor dari terminal dapat diselesaikan di KIosk G-BOSS.

Riza menambahkan tahun depan JICT akan mengembangkan beberapa fitur layanan tambahan.

Tim improvment Billing JICT sedang mengerjakan beberapa penguatan sistem. Salahsatunya pengguna jasa nantinya dapat melakukan aplikasi mobile untuk bertransaksi.

Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok I Nyomam Gede Saputra yang meresmikan New G-BOSS menyambut baik perluasan layanan transaksi tersebut.

Namun dia mengharapkan agar JICT memikirkan suatu sistem yang dapat dipantau importir soal kerusakan kontainer yang ke luar dari terminal JICT.

Ini penting, kata Nyoman Gede Saputra, karena selama ini sering terjadi kekisruhan antara pemilik barang/importir/sopir trailer dengan Depo saat pengembalian kontainer kosong eks impor.

Pasalnya, importir mau pun pengenudi trailer tidak diberi catatan tentang kondisi kontainer atau Equipment Interchange Receipt (EIR) mau pun print out foto kondisi kontainer tapi diklaim pihak Depo kontainer mengalami kerusakan dan harus bayar biaya perbaikan. (wilam)