Angkasa Pura 2

Saat Kapal Karamando Mulai Tenggelam, Puluhan Penumpang Segera Terjun

DermagaJumat, 30 Desember 2016
Kapal Karamando

HALMAHERA BARAT (BeritaTrans.com) – Kapal KM Karamando tenggelam di perairan Jailolo, tepatnya di depan Desa Tauro, Kecamatan Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, kemarin.

Empat penumpang meninggal dunia. Dua di antaranya adalah ibu dan anak. Yakni, Yuyun Sri Wahyuni, 32, dan Syaikah, 8. Dua korban lainnya adalah Monika Tude, 50, dan Risal Rikomahu, 54.

“Jumlah seluruh korban (luka) di luar korban yang meninggal sebanyak 71 orang. Saat ini mereka masih dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jailolo,” ungkap Kabaghumas Pemkab Halbar Suparto Lansib.

Salah seorang korban yang selamat, Saiful Safrudin, menuturkan, KM Karamando keluar dari Pelabuhan Dufa-Dufa, Ternate, menuju Jailolo, Halbar, pada pukul 09.10 WIT.

Dia mengatakan, gelombang di perairan menuju Jailolo memang tinggi.

Ketika kondisi kapal sudah tidak stabil, seluruh penumpang diberi baju pelampung. Mereka panik.

“Waktu itu mesin kapal tiba-tiba mati. Kuat dugaan, papan bodi bagian bawah KM Karamando retak sehingga air masuk. Akhirnya kapal tenggelam secara perlahan-lahan,” jelas Saiful.

Dia menuturkan, kurang lebih pukul 12.30 WIT kapal mulai tenggelam.

Seluruh penumpang langsung melompat ke laut dan berenang.

Namun, saat itu penumpang masih saling membantu.

“Kami saling membantu dan berkelompok ketika di atas laut. Baju pelampung itu sangat berguna karena kurang lebih satu jam kami bertahan di laut yang penuh gelombang. Setelah itu, baru speedboat bantuan datang,” ujarnya.

“Kondisi kapal memang tidak bagus lagi. Karena setiap terkena ombak, bodi kapal nyaris patah. Jadi, Pemkab Halbar diharapkan memperhatikan kondisi speedboat dan kapal karena rata-rata tidak layak lagi,” lanjut Saiful.

Tenggelamnya kapal KM Karamando membuat Pemkab Halbar dan warga Jailolo panik.

Sekitar 10 speedboat milik pemkab dan warga dikerahkan untuk menolong penumpang.

Sayangnya, empat penumpang tewas sebelum mendapat perawatan di RSUD Jailolo. (lia/sumber dan foto jpnn).