Angkasa Pura 2

Pesawat Susi Air yang Tergelincir, Melintir ke Arah Kanan Landasan Bandara Ilaga

Bandara KokpitSabtu, 31 Desember 2016
IMG-20161231-WA0011

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Pesawat Sisi Air tipe Pilatus Porter PC-06 dengan nomor registrasi PK-BVM yang tergelincir, menurut Kapala Kerja Sama dan Humas Ditjen Perhubungan Udara Agoes Soebagio, melintir kebsebelah kanan landasan setelah landing di bandara Ilaga, Papua.

“Pesawat rute Timika-Ilaga itu membawa kargo tanpa penumpang,” jelas Agoes di Jakarta, Sabtu (31/12/2016).

Peristiwa terjadi sekitar pukul 07.36 pagi tadi. Agoes menyampaikan kronologis bahwa kontak pertama pesawat dengan illaga, dengan jarak 2NM dari illaga PZ, illaga menginformasikan bahwa kondisi cuaca angin calm (lecepatan 0-5NM), jarak pandang 3-4 Km, kabut di sekitar baseleg runway 25.

“Pesawat mendarat secara normal sebelum aimin point, setelah melewati aiming point pesawat pesawat melintir ke arah kanan runway 25, sayap sebelah kanan membentur sisi runway dan kemudian diikuti sayap sebelah kiri, dan baling-baling,” urai Agoes.

Pada kejadian tersebut, ditambahkan Agoes, dilaporkan tidak ada satu pun korban jiwa.

Seperti diketahui, bandara Aminggaru Ilaga yang terletak di Kabupaten Puncak, Papua mempunyai landas pacu sepanjang 600 meter. Pesawat yang beroperasi di bandara ini hanya sejenis Cessna Grand Caravan dengan penerbangan carter sebanyak 20-40 penerbangan per hari.(omy)

loading...