Angkasa Pura 2

Ditjen Hubla Kerahkan 2 Kapal Patroli KPLP Bantu Evakuasi Korban KM Zahro Express

DermagaMinggu, 1 Januari 2017
IMG-20170101-WA0031

JAKARTA (beritatrans.com) – Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai, Victor Vikki Subroto menyebutkan bahwa Ditjen Hubla mengirimkan Kapal Patroli KN P.348 dari Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas I Tanjung Priok dan KN 355 dari KSOP Kep Seribu untuk proses evakuasi kirban terbakarnya KM Zahro Express. Selain itu, telah dikerahkan juga 2 unit pompa yang standby di dermaga dan 1 unit Fire Boat.

“Saat ini seluruh penumpang telah dievakuasi ke Pelabuhan Muara Angke dan pada pukul 10.30 WIB KM. Zahro Express telah ditarik oleh Kapal Patroli KPLP KNP. 348 ke Pelabuhan Kali Adem untuk diperiksa lebih lanjut,” ujar Victor di Jakarta, Minggu (1/1/2017).

Selanjutnya, untuk kepastian penyebab musibah terbakarnya KM. Zahro Express tersebut, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menyerahkan sepenuhnya kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk dilakukan investigasi lebih lanjut.

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah mengeluarkan Surat Edaran Direktur Perkapalan dan Kepelautan atas nama Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor: UM.003/13/16/DK.16 Tentang Peningkatan Keselamatan Kapal, tertanggal 16 September 2016.

Berdasarkan Surat Edaran tersebut seluruh UPT Perhubungan Laut untuk meningkatkan pengawasan keselamatan kapal, khususnya kapal kecepatan tinggi dengan mesin di dalam (inboard engine) maupun mesin tempel (outboard engine).

Mereka juga harus memastikan setiap Pemilik atau Operator dan juga Nakhoda kapal melaksanakan dan melaporkan hal-hal yang menjadi persyaratan keselamatan sebelum keberangkatan kapal. (aliy)