Angkasa Pura 2

Awal Tahun Baru, KSOP Gresik Kembali Gelar Ramp Check Kapal

DermagaSenin, 2 Januari 2017
2017-01-02 16.53.55

GRESIK (BeritaTrans.com) – Di awal tahun 2017, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Gresik kembali menggelar ramp check terhadap kapal layar motor (KLM) yang sedang sandar.

Belasan KLM, yang sandar di pelabuhan di Jawa Timur tersebut dicek kelaikan berlayarnya oleh marine inspector. Kepala KSOP Gresik AKBP Capt. Hermanta, M.Mar memimpin langsung ramp check tersebut.

Ramp check itu, Hermanta mengemukakan juga diiringi dengan sosialisasi keselamatan pelayaran. “Sesuai perintah Bapak Menteri Perhubungan dan Dirjen Perhubungan Laut, pengawasan aspek keselamatan pelayaran harus terus ditingkatkan,” jelasnya, Senin (2/1/2017).

2017-01-02 16.54.42

Kepada BeritaTrans.com dan tabloid mingguan BeritaTrans, mantan Kepala KSOP Sunda Kelapa itu mengemukakan ramp check dan sosialisasi keselamatan dibutuhkan mengingat cuaca buruk sering kali muncul.

Karenanya, dia mengutarakan kepada awak kapal diingatkan untuk sangat menjunjung keselamatan berlayar. Selain memperhatikan betul kapasitas muatan, juga tidak memaksakan diri untuk berlayar.

Hermanta menuturkan awak kapal juga diminta menaati ketentuan dan peraturan menyangkut keselamatan pelayaran serta terus mengikuti informasi dari radio pantai. (gus).