Angkasa Pura 2

Ketua KNKT Kukuhkan 8 Investigator Kecelakaan Transportasi

Bandara Dermaga Emplasemen Kokpit KoridorSelasa, 3 Januari 2017
IMG_20170103_105039

JAKARTA (beritatrans.com) – Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) DR. Ir. Soerjanto Tjahjono mengukuhkan 8 orang investigator kecelakaan transportasi di Aula Gedung KNKT Jakarta, Selasa (3/1/2017).

Dalam sambutannya, Soerjanto mengamanatkan agar para investigator KNKT wajib menjunjung tinggi azas profesionalitas, kejujuran, dan independen atau kemandirian dalam setiap melakukan tugas-tugasnya.

“Sehingga hasil kerja para investigator KNKT memiliki kualitas yang baik dan terbebas dari berbagai kepentingan, kecuali kepentingan bagi keselamatan transportasi,” kata Soerjanto.

Pada kesempatan itu, Soerjanto juga menyampaikan bahwa hasil-hasil investigasi KNKT selain dilaporkan kepada pemerintah, juga harus diinformasikan atau disosialisasikan kepada masyarakat agar diketahui secara luas dan menjadi pembelajaran bagi semua pemangku kepentingan.

“Sehingga diharapkan tidak lagi terjadi kecelakaan transportasi di kemudian hari,” katanya.

Soerjanto menegaskan, para investigator KNKT harus memberi contoh dalam kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dalam melaksanakan tugasnya.

Ia juga berpesan agar para investigator tetap menjaga kerahasiaan proses investigasi.

“Patut disyukuri, hingga saat ini tidak ada satu instansi pun, baik pemerintah maupun instansi swasta yang mencoba memengaruhi hasil-hasil investigasi KNKT,” katanya.

Adapun ke-8 investigator yang baru dikukuhkan tersebut terdiri darfi 3 investigator kecelakaan perkeretaapian, 1 investigator kecelakaan pelayaran, 1 investigator kecelakaan lalu lintas dan angkutan jalan, dan 3 investigator kecelakaan penerbangan. (aliy)