Angkasa Pura 2

STIP Jakarta Mendapatkan Penilaian Dengan Predikat A Dari AIPT

SDMRabu, 4 Januari 2017
Kampus STIP Jakarta

JAKARTA (Beritatrans.com) – Pada awal tahun 2017 ini, SekolahTinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta mendapatkan pengakuan Akreditasi Lembaga (AIPT) dengan predikat A. Akreditasi A berdasarkan SK nomor: 3005/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2016 Tanggal 20 Desember 2016 dan akan berlaku hingga 20 Desember 2021.

STIP Jakarta merupakan Sekolah Kedinasan dibawah Badan Pengembangan SDM Perhungan dan menjadi satu-satu nya perguruan Tinggi dibawah Kementerian Perhubungan yang telah melakukan Akreditasi Lembaga dan setingkat dengan 27 Perguruan Tinggi Negeri.

Selain itu juga pada 15 Perguruan Tinggi Swasta, dan 3 Perguruan Tinggi Kementrian Lain yang sudah mendapatkan Akreditasi “A” dari Tiga ribuan Perguruan Tinggi di Indonesia.

Melalui keikutsertaan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta sebagai sekolah Kedinasan yang aktif dalam hal standarisasi dan penjaminan mutu pendidikan secara nasional memang layak diapresiasi semua pihak termasuk perusahaan yang merekrut para lulusannya.

Diharapkan STIP Jakarta menjadi lembaga yang mendidik Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi Perwira-perwira Pelayaran Niaga serta Ahli Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan yang handal dan berkualitas internasional.

Mutu program studi merupakan cerminan dari totalitas keadaan dan karakteristik masukan, proses, keluaran, hasil, dan dampak, atau layanan/kinerja program studi yang diukur berdasarkan sejumlah standar yang ditetapkan itu.

Standar Penilaian

Penilaian akreditasi prodi didasarkan pada 7 standar, dari seluruh aspek di STIP Jakarta. Point utama penilaian itu antara lain:

Visi, misi, tujuan dan sasaran, dan strategi pencapaian. Tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu BAN-PT.

Mahasiswa dan lulusan, ini biasanya dilihat quesioner para lulusannya, IP yang diraih para mahasiswanya, rekrutmen mahasiswa.

Sumber daya manusia (SDM) seperti jumlah dosen, kualifikasi dosen, pengembangan dosen.

Kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik. Pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi.
Penelitian (Jurnal2, Karya Ilmiah, dll) dan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama.(hms/helmi)

loading...