Angkasa Pura 2

UU Dikti, Ijazah Legal Jika Dikeluarkan Kampus dan Prodi Terakreditasi

SDMRabu, 4 Januari 2017
Logo Kemen-Ristekdikti

JAKARTA (Beritatrans.com) – Dalam Undang-Undang 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi (Dikti), mulai 10 Agustus 2014, ijazah legal jika dikeluarkan oleh kampus yang institusi dan prodinya terakeditasi.

”Jika prodinya saja yang terakreditasi, ijazahnya bodong. Masyarakat harus tahu aturan baru ini, supaya tidak menyesal,” kata Ketua BAN PT, Mansyur Ramli, seperti dikutip JPNN (10 Agustus 2014, Institusi dan Prodi Wajib Terakreditasi).

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta memiliki 3 Program Studi yakni Nautika, Teknika dan Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan (KALK).

Ketiga Program Studi tersebut semuanya mendapat Akreditasi dengan Peringkat A. Artinya, SekolahTinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta merupakan Sekolah tinggi dengan semua Program Studinya Terakreditasi A.

Hal ini sesuai dengan: SK nomor: 261/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-IV/VII/2014 untuk Program Studi Nautika dengan Nilai 361 dengan peringkat A dan berlaku hingga 23 Juli 2019. SK nomor: 092/SK/BAN-PT/Ak-SURV/Dpl-IV/III/2015 untuk Program Studi Teknika dengan Nilai 377 dengan peringkat A dan berlaku hingga 23 Juli 2019.

SK nomor: 181/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-IV/VI/2014 untuk Program Studi Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan dengan peringkat A dan berlaku hingga 27 Juni 2019.

Pada awal tahun 2017 ini, SekolahTinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta mendapatkan pengakuan Akreditasi Lembaga (AIPT) dengan predikat A. Akreditasi A berdasarkan SK nomor: 3005/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2016 Tanggal 20 Desember 2016 dan akan berlaku hingga 20 Desember 2021.

STIP Jakarta merupakan Sekolah Kedinasan dibawah Badan Pengembangan SDM Perhungan dan menjadi satu-satu nya perguruan Tinggi dibawah Kementerian Perhubungan yang telah melakukan Akreditasi Lembaga dan setingkat dengan 27 Perguruan Tinggi Negeri.

Selain itu juga pada 15 Perguruan Tinggi Swasta, dan 3 Perguruan Tinggi Kementrian Lain yang sudah mendapatkan Akreditasi A dari Tiga ribuan Perguruan Tinggi di Indonesia.

Melalui keikutsertaan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta sebagai sekolah Kedinasan yang aktif dalam hal standarisasi dan penjaminan mutu pendidikan secara nasional.

Diharapkan STIP Jakarta menjadi lembaga yang mendidik Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi Perwira-perwira Pelayaran Niaga serta Ahli Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan yang handal dan berkualitas internasional.(hms/helmi)

loading...