Angkasa Pura 2

LRT Jabodebek Targetkan Angkut 16.000 Penumpang/Jam

EmplasemenMinggu, 8 Januari 2017
IMG-20170108-WA0019

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) Jabodebek menargetkan mampu mengangkut hingga 16.000 penumpang setiap jamnya setiap hari. Hal itu dengan perhitungan jarak per kereta berangkat adalah tiga menit.

“Ya tadi disebutkan head way akan tiga menit per kereta, tetapi lima menit sebenarnya cukup. Satu kereta bisa mengangkut 800 orang,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai meninjau pembangunan LRT di KM 13 Tol Jagorawi, Minggu (8/1/2017) sore.

Menhub mengungkapkan bahwa saat ini pembangunan LRT baru dimulai dari Cibubur, namun targetnya akan sampai hingga Bogor untuk tahap selanjutnya.

“Jadi kita memang akan lakukan suatu manajemen antar moda, kereta api, jalan, LRT dengan baik. Harapannya dengan adanya LRT ini, Bekasi dan Bogor mendapatkan suatu solusi, nantinya ini terintegrasi dengan MRT yang jadi dengan waktu kurang lebih sama,” urai Menhub.

Diharapkan pembangunannya akan selesai pada pertengahan tahun 2018. Selanjutnya baru akan dibuat rollin stock.

Menhub juga mengapreasiasi apa yang dilakukan PT Adhi Karya sebagai kontraktor pembangunan LRT itu, berhasil menerapkan teknologi baru yang baru ada di beberapa negara Asia saja seperti Hongkong, Tiongkok, Jepang, dan Singapura. (omy)