Angkasa Pura 2

Petugas Avsec Bandara Adisutjipto Cegah Penumpang Bawa Puluhan Ular & Biawak

BandaraMinggu, 8 Januari 2017
images (1)

YOGYAKARTA (BeritaTrans.com) – Petugas keamanan (aviation security) Bandara Internasional Adisutjipto sukses menggagalkan upaya penyelundupan satwa ke luar negeri pada Sabtu (7/1/2017) pukul 12.00 WIB.

Petugas bandara yang bertugas di screening check point II Terminal B Bandara Adisutjipto mendapati dua penumpang Airasia QZ 7557 tujuan Bangkok, transit di Cengkareng, membawa satwa.

Kepada petugas dua penumpang tersebut mengaku membawa boks berisi gudeg. Setelah diperiksa petugas, ternyata boks tersebut berisi beberapa satwa.
Satwa yang coba diselundupkan tersebut berupa biawak 20 ekor, kadal 10 ekor, kura-kura 20 ekor, kodok 10 ekor dan 5 ekor ular.

Informasi ini disampaikan General Manager Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama, dalam surat elektroniknya kepada Tribun Jogja.

Hasil temuan beserta pelaku diserahkan ke Balai Karantina Pertanian Kelas II Yogyakarta untuk diperiksa lebih lanjut sesuai ketentuan yang berlaku.

Hingga berita ini diturunkan, awak Tribunjogja.com masih berusaha mencari tahu siapa kedua penumpang tersebut dan detil jenis jenis satwa yang diselundupkan.

Sementara dari infomarsi yang beredar, keduanya merupakan warga negara Indonesia. (lia).