Angkasa Pura 2

Dirjen Tonny: Tingkat Disiplin Pegawai Cerminkan Kualitas

DermagaSelasa, 10 Januari 2017
IMG-20170110-WA0061

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Dirjen Perhubungan Laut A. Tonny Budiono mengingatkan kembali pentingnya penegakan disiplin pegawai.

“Tingkat disiplin pegawai mencerminkan tinggi rendahnya kualitas aparatur sipil,” ujar Tonny di Jakarta, Selasa (10/1/2017).

Untuk memastikan disiplin pegawai tentu harus ada skema reward and punishment yang jelas dan pasti.

“Kejadian kecelakaan terbakarnya kapal wisata KM. Zahro Express pada minggu (1/1/2017) di sebelah selatan pulau Bidadari Jakarta Utara, telah dilakukan punishment kepada pejabat terkait yaitu dengan menonaktifkan pejabat tersebut dari posisi jabatannya,” tegas Tonny.

Menurut Tonny, Ditjen Perhubungan Laut terus berkomitmen untuk selalu melakukan berbagai upaya evaluasi dan perbaikan, agar kedepannya kejadian seperti itu tidak terulang kembali.

“Saya tekankan kepada para Kepala UPT khususnya Syahbandar agar mencermati penerbitan SPB, memperkuat pengawasan dan menjalankan seluruh aspek-aspek keselamatan berlayar,” ungkap Tonny.

Khususnya, lanjut dia, pada daerah yang melayani pelayaran yang bersifat tradisional, agar lebih awas dalam memberangkatkan kapal.

“Pastikan kesesuaian jumlah barang dan penumpang dalam manifest, lakukan pengenalan penggunaan baju pelampung/ life jaket pada penumpang, menginformasikan secara terus menerus tentang keadaan cuaca perairan, dan memperhatikan hal-hal lain yang mendukung keselamatan pelayaran,” pungkas Tonny. (omy)