Angkasa Pura 2

KAI Daop I Berangkatkan 574.838 Penumpang Selama Angkutan Liburan

EmplasemenSelasa, 10 Januari 2017
IMG_20170110_204351

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Selama musim liburan sekolah, Natal, dan Tahun Baru, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) I berhasil mengangkut 74.838 penumpang di wilayah Jabodetabek.

8 Januari 2017 merupakan akhir masa angkutan liburan tersebut. Senior Manajer Humas Daop I Sapto Hartoyo mengungkapkan, total kenaikan jumlah penumpang kali ini meningkat hingga 18 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

“Penumpang yang diangkut, sebanyak 344.131 orang (60%) diberangkatkan dari stasiun Pasarsenen, 205.522 penumpang (35%) dari stasiun Gambir, dan sisanya dari stasiun keberangkatan lain (5%).

Secara umum, pelaksanaan angkutan liburan kali ini dikatakan Sapto, berjalan aman, lancar, dan terkendali. Tidak ada gangguan ataupun kecelakaan dalam perjalanan KA.

“Dari sisi kinerja operasi, rata-rata kelambatan keberangkatan KA pada tahun ini adalah satu menit, lebih baik daripada tahun lalu yang mencapai rata-rata sua menit. Dan rata-rata kelambatan kedatangan KA yakni 26 menit, menurun dari tahun lalu yaitu 22 menit,” tutur Sapto.

Selain itu, dari sisi prosentase ketepatan keberangkatan KA mencapai 95 persen. Namun, prosentase ketepatan kedatangan KA tahun ini, hanya sebesar 14 persen.

Pada masa liburan kali ini, disebutkan Sapto bahwa dari 17 KA tambahan, tujuh diantaranya untuk rute Jakarta-Bandung.

“Banyaknya KA tambahan yang melayani rute tujuan Bandung, dipengaruhi juga dampak dari bergesernya pilar jembatan Cisomang yang menghubungkan kota Jakarta dengan Bekasi, sehingga tonase kendaraan yang diperbolehkan melalui jembatan tersebut dibatasi,” ujar Sapto.

Terbukti dari volume penumpang KA jurusan Jakarta – Bandung yang semula hanya 55.696 penumpang di bulan November, naik menjadi 98.760 penumpang di bulan Desember. (omy)