Angkasa Pura 2

Menhub: Prosedur Keselamatan Juga Wajib Diumumkan Di Kapal Penumpang

DermagaSelasa, 10 Januari 2017
bahari 3b

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk mencegah terulangnya tragedi Kapal KM Zuhro Express terulang, Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) harus memeriksa kapal-kapal sebelum berlayar ke Kepulauan Seribu, Jakarta.

“KSOP harus memeriksa keandalan listrik, rem, ketersediaan jaket keselamatan atau life jacket dan lainnya. Pemilik kapal juga harus aktif mengevaluasi rutin armadanya,” ujar Budi seusai meresmikan pengoperasian KM Express Bahari 3B di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta, Selasa (10/1/2017)..

Dia juga memerintahkan digelar persiapan dengan mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan. “Tentang jumlah penumpang, life jacket, prosedur-prosedur lainnya itu harus diumumkan. Kalau di pesawat itu keselamatan harus di-annoucement, di sini (kapal penyeberangan) juga harus. Kita berikan pembelajaran kepada awak untuk meningkatkan level of sefety dan security tadi,” ujarnya.

Menteri Budi juga mengatakan pemerintah akan mengganti kapal penyeberangan tradisional milik masyarakat yang sudah tak laik beroperasi. Pemerintah akan menugaskan PT Pelni dan ASDP untuk membina para masyarakat yang bermata pencaharian dari layanan penyeberangan ini.

“Tapi kalau (kapal) dari safetynya tidak memungkinkan tentu akan kita gantikan. Tetapi pemainnya harus mereka (Pelni dan ASDP), mereka yang akan kita bina. Jadi tidak ada penghilangan atau penyingkiran dari fungsi-fungsi kegiatan ekonomi yang ada di Kali Adem,” kata dia.

Menteri Budi menambahkan, PT Pelni menyiapkan 3 kapal dan Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) 2 kapal yang mempunyai kapasitas mengangkut 200 orang untuk melayani penyeberangan ke Kepulauan Seribu. Kapal ini berangkat melalui di Pelabuhan Kali Adem dan Sunda Kelapa.

“Pertama kali ini 200 kapasitas dengan 5 kapal, jadi 3 Pelni dan 2 ASDP. Ada yang berangkat dari sini (Sunda Kelapa), ada yang berangkat dari Kali Adem,” kata Menteri Budi. (omy).