Angkasa Pura 2

Negatif Pakai Narkoba, Lisensi Pilot Eks Citilink Tetap Dicabut Karena Langgar Regulasi

Bandara KokpitSelasa, 10 Januari 2017
IMG-20170110-WA0057

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Mantan Pilot Maskapai Citilink Indonesia Captain Tekad Purna Agniamartanto yang telah dicabut lisensi terbangnya oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub), tidak terbukti mengonsumsi narkotika.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan Badan Narkotika Nasional (BNN), baik fisik maupun melalui uji laboratorium, tidak ditemukan adanya kandungan zat adiktif dalam tubuhnya.

“Hasil pemeriksaan yang dilakukan BNN hasilnya negatif. Tidak ditemukan zat adiktif dari hasil pemeriksaan sampel urine, darah dan rambut,” kata Kepala Humas BNN, Kombes Pol Slamet Pribadi saat konferensi pers, di Kementerian Perhubungan Jakarta, Selasa (10/1/2017).

Kendati tidak terbukti mengonsumsi narkotika, namun Kementerian Perhubungan (Kemhub) tetap tidak akan mengembalikan lisensi terbang pilot Tekad.

Pasalnya, yang dijadikan dasar keputusan pencabutan lisensi itu, menurut Direktur Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKUPPU) Kemhub, Muzaffar Ismail, lantaran adanya bukti yang bersangkutan melanggar peraturan keselamatan penerbangan sipil (Civil Aviation Safety Regulation/CASR) dan Standar Operation Prosedur (SOP) perusahaan.

“Hasil investigasi diketahui Captain Tekad melakukan pelanggaran terhadap peraturan keselamatan penerbangan sipil dan SOP perusahaan yang telah disetujui oleh Ditjen Perhubungan Udara. Pelanggaran ini sangat membahayakan keselamatan penerbangan,” kata dia.

Muzaffar mengungkapkan, Tekad terbukti melanggar CASR 121, di antaranya tidak mengikuti briefing sebelum terbang, tidak memenuhi reporting time, cara pemberitahuan kepada penumpang (passangeer announce) tidak sesuai standar dan tidak melakukan boarding atau tidak datang tepat waktu.

“Mengacu pada fakta adanya pelanggaran tersebut, Ditjen Perhubungan Udara Kemhub selaku otoritas penerbangan sipil Indonesia mencabut lisensi penerbangan atas nama Tekad Purna Agniamartanto secara permanen. (omy)

loading...