Angkasa Pura 2

Ditjen Hubla – BKI Gelar Sosialisasi Hasil Sidang IMO 2016

Another News DermagaRabu, 11 Januari 2017
IMG_20170111_112046

JAKARTA (beritatrans.com) – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) Kementerian Perhubungan bersama PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) menggelar sosialisasi hasil-hasil sidang International Maritime Organization (IMO), terutama di bidang Maritime Safety Committee (MSC) sesi ke 96 dan 97 dan Maritime Environtment Protection Committee (MEPC) sesi ke 69 dan 70 di Jakarta, Rabu (11/1/2017).

MSC adalah salah satu komite IMO yang melakukan pembahasan hal-hal yang terkait keselamatan maritim. Materi yang dibahas dalam MSC 96 dan 97 tersebut antara lain menyangkut keamanan dunia maya bidang maritim (maritime cyber security), penerapan Goal Base Standard, kesepakatan untuk membuat bab baru pada SOLAS terkait Carriage of Industrial Personnel. Juga laporan dari beberapa sub komite seperti Ship Safety & Equipment, Carriage of Cargoes and Container, dan Ship Design anf Construction.

Sedangkan MEPC adalah komite IMO yang melakukan pembahasan terkait perlindungan lingkungan maritim.

Sepanjang 2016, IMO menyelenggarakan dua sesi MEPC yaitu ke-69 dan 70. Dalam dua sesia MEPC tersebut dibahas antara lain amandemen atau perubahan Marpol Annex I, II, IV, V, dan VI.

Dalam sesi MEPC itu juga dibahas soal kandungan sulfur dakam bahan bakar kapal, sistem pengumpulan data untuk konsumsi BBM kapal, dan konvensi Air Ballast yang akan diberlakukan pada 8 Semptember 2017 mendatang.

Pada kesempatan itu, BKI juga memaparkan aplikasi Green Padma yang merupakan produk Divisi Riset dan Pengembangan BKI. Alat ini sebagai alat bantu menghadapi diberlakukannya Data Collection System dan aplikasi android untuk perlengkapan keselamatan pelayaran. Alat ini sangat berguna untuk melakukan pemeriksaan aspek keselamatan kapal secara mandiri.

BKI juga memaparkan Sertifikasi Free Asbestos terkait ketentuan pelarangan penggunaan material asbestos, baik untuk kapal bangunan baru maupun kapal yang sudah ada.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Ketua Komite Kebijakan Publik Kemhub dan Utusan Khusus Menteri Perhubungan RI untuk IMO Laksamana (Purn) DR Marsetio. Tampak hadir pada kesempatan itu Direktur Perkapalan dan Kepelautan Ditjen Hubla Capt. Rudiana, Direktur Utama PT BKI Rudianto, Ketua Umum INSA Johnson W Sutjipto, para pengusaha galangan kapal, dan para pemangku kepentingan lainnya.

Sedangkan para pembicaranya antara lain dari Ditjen Hubla adalah Capt. Ari Wibowo, Wahyu Ardhiyanto, Capt. Ilham Akbar, dan Febriyanti. Sedangkan dari PT BKI adalah Iqbal Fikri, Afif Amrullah, Nomo Prihasta, dan Wawan Widiatmoko. (aliy)